Sekolah Anak-anak Bukit di Meratus

 

Desa Hampang Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, salah satu desa terpencil yang mayoritas dihuni warga suku Dayak Meratus ini, cukup sulit dijangkau. Jalan sepanjang 15 kilometer dari Desa Tabuan masih berupa jalan tanah yang becek dan rawan jadi kubangan saat hujan. untuk mencapai lokasi, sebuah mbil  yang double gardan pun harus dibantu dengan mobil jeep khusus off road agar tidak terjebak lumpur terlalu lama. Lokasi yang terpencil itu dapat dicapai setelah Perjalanan yang sulit  terhentak-hentak di dalam mobil selama sekitar satu jam di jalan tanah yang becek dan terjal.

Kepala SD kecil Hampang, Sumardi mengatakan ada 45 murid usia 9-17 tahun bersekolah di SD itu. Kelas satu ada 20 murid dan kelas dua 25 murid. Hanya ada tiga orang guru, termasuk dirinya, yang mengajar secara bergantian. bangunan sekolah memanjang yang terdiri dua lokal untuk kelas satu dan kelas dua.

Murid di SD kecil memang tidak semuanya anak-anak. Rata-rata sudah berusia setara siswa SMP dan SMA. Bahkan untuk paket A atau pendidikan setara SD yang juga dibuka di sekolah ini, memiliki siswa berusia 29 tahun. Saat bersekolah, tidak semua siswa, terutama yang dewasa mau mengenakan seragam sekolah. Demikian halnya dengan alas kaki yang masih banyak mengenakan sandal jepit atau bertelanjang kaki. Sekolahnya mulai hari Isnin (Senin) sampai Jumahat (Jumat). Sabtu dan Minggu libur karena membantu orangtua menoreh di kabun (kebun)

Sumardi mengatakan, mendidik anak-anak bukit di daerah terpencil tidak gampang. Perlu penanganan khusus dan toleransi lebih daripada siswa di kota. Dia juga harus melakukan kompromi dengan orangtua agar membolehkan anaknya sekolah. Pihaknya mengizinkan anak belajar cuma sampai Jumat agar Sabtu dan Minggu bisa membantu orangtua di kebun. Dengan kebijakan itu, prosentase keaktifan ke sekolah meningkat.

Menurut Sumardi kebijakan itu karena kecenderungan siswa yang temperamental, kurang sopan santun dan disiplin. Apalagi orangtua yang rata-rata petani masih acuh dengan pendidikan anak dan malah sering mangajak membantu di kebun sehingga pendidikan terabaikan. Kendala lain, fasilitas sekolah sangat minim. Jangankan buku pelajaran, untuk buku tulis pun terkadang tidak ada.

(anjar wulandari)

 

Iklan

51 responses to “Sekolah Anak-anak Bukit di Meratus

  1. niwan PNR elka 07

    Dengan membaca artikel tersebut, saya pribadi merasa sangat prihatin melihat keadaan tersebut.Keadaan sekolah anak-anak Meratus sangatlah beda jauh, bila di bandingkan dengan sekolah-sekolah yang ada di kota. Itulah keadaan pendidikan di Indonesia, Tetapi walau bagaimanapun mereka tetap membutuhkan pendidikan. Kalau tidak mengenyang pendidikan selamanya mereka akan terbelakang dan primitif.Oleh karena peranserta pemerintah sangatlah di butuhkan demi pendidikan anak-anak di daerah terutama di daerah terpencil seperti bukit meratus. Dlam hal penyediaan sarana dan prasarana pendidikan, guru pengajar dan hal-hal lain yang di butuhkan untuk kelancaran proses belajar mengajar.

  2. yudha dharmawan pnr elektronika unj 07 5215077539

    dari artikel ini saya dapat menambahkan bahwa meskipun pendidikan di daerah terpencil kedislipinan perlu diterapkan.selain pendidikan formal pendidikan sopan santun dan norma juga perlu ditanamkan bagi para peserta didik.dalam melaksanakan pendidikan di daerah tersebut perlu adanya partisipasi orang tua dalam memberikan motifasi kepada anaknya untuk mengenyam pendidikan bukan untuk membantu bekerja di kebun
    untuk itu para warga setempat di perlukan sosialisasi pendidikan tentang norma,sopansatun,kedisplinan
    tanpa itu semua pendidikan tidak akan bermamfaat bila sikap kita kurang baik kepada orang orang di sekitar.justru tanpatata krama malah akan menghancurkan diri mereka sendiri

  3. FAJARUDIN 5115072390

    sungguh patut di acungi jempol bagi para dewan pengajar beserta staff yang dengan ikhlas, tulus untuk mengajar di daerah terpencil ini. sangat layak diberikan penghargaan dan yang pasti tunjangan baginya dengan ketekunannya, sikap profesionalitasnya perlu di hargai yang belum tentu kita sanggup mengemban amanah yang dipikulnya
    Mari bersama kita bantu anak-anak di daerah terpencil untuk mengenyam pendidikan

  4. Nama : Ramadani Arifin
    No Reg : 5215 08 5055
    Program : Non regular
    Komentar tentang “Pendidikan Anak Daerah Terpencil”

    Saya rasa daerah terpencil adalah daerah yang jauh dari keramaian dan berbagai kemajuan teknologi yang berada di kota. Untuk itu, perlu pendekatan betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia yang langsung bisa mengambil manfaatnya. Mungkin kita bisa mengenalkan atau membawa beberapa warga dan anak daerah terpencil, untuk dibawa ke kota dan melihat kehidupan kota dari aspek ilmu dan pengetahuan teknologi misalnya. Mungkin dari segi bertani, pemerintah bisa mengenalkan bibit unggul dalam bercocok tanam dan semua itu berdasarkan ilmu. Sehingga warga daerah terpencil tertarik ingin mempelajarinya. Begitu juga anak-anak daerah terpencil melihat dunia teknologi akan tertarik untuk mempelajarinya. Dan pemerintah harus menanganinya secara serius, dan benar-benar menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai. Dan tidak lupa transportasi yang menjadi kendala serius bagi warga daerah terpencil. Dan memperhatikan amdal daerah sekitar.

  5. assalamualaikum

    Mengenai masalah di atas saya dapat menyimpulkan wajar saja para siswa siswi di suatu daerah terpencil masih minim sopan santun lain dengan kebanyakan anak di kota-kota besar mungkin di karenakannya banyak sekali faktor-faktor yang tidak mendukung misal orang tua nya pun tidak mempunyai bekal sopan santun yang banyak di karenakannya tidak pernah mengenyam pendidikan sama sekali.
    Mereka besar bukan di lingkungan yang terpelajar mereka besar bukan karena didikan guru tapi mereka besar di didik oleh alam,jadi wajar saja jika mereka mempunyai kebiasaan yang lain yang banyak di miliki oleh anak yang tumbuh besar di lingkungan keluarga yang terpelajar.cara mengatasi nya mungkin dengan cara lebih giatnya di adakan penyuluhan tentang betapa pentingnya pendidikan untuk manusia agar para orang tua sadar dan dapat memahami kondisi yang di inginkan oloeh pemerintah tentang wajib belajar sembilan tahun yang merata ke seluruh pelosok negeri kita ini agar negeri kita ini dapat tumbuh menjadi negara yang di huni oleh kalangan terpelajar.

  6. Jaka Mulyadi PNR Elektronika 07 (5215077524)

    Berdasarkan artikel ini, terbukti sudah bahwa pendidikan di Indonesia terdapat sekolah yang jauh terpencil di daerah pedalaman dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Yang berakibat kualitas pendidikan di daerah tersebut sangat jauh tertinggal dari daerah kota. Dari mulai orang tua yang tidak terlalu peduli akan kebutuhan pendidikan bagi anak-anaknya, hingga anak-anak yang juga kurang memperhatikan akan pentingnya pendidikan di sekolah. Mereka masih menganggap bahwa bekerja dilandang ataupun di sawah membantu orang tua lebih baik daripada mendapatkan pendidikan di sekolah.
    Seandainya saja pemerintah mau memperhatikan pendidikan di daerah tersebut, dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar akan pentingnya pendidikan, memberi bantuan biaya pendidikan bagi daerah tersebut dan perhatian-perhatian lainnya yang dapat membantu memajukan dunia pendidikan di daerah tersebut. Bukan tidak mungkin pada akhirnya masyarakat daerah tersebut akan mengerti akan pentingnya pendidikan bagi mereka, dan anak-anak pun kan bersemangat pergi ke sekolah.
    Sebetulnya bukan hanya di daerah tersebut saja pemerintah perlu memperhatikan pendidikan, tetapi di daerah lainnya pun yang jauh dari pusat kota di seluruh Indonesia, pemerintah perlu melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memajukan dunia pendidikan di seluruh Indonesia, baik di daerah terpencil, di daerah perbukitan, di daerah pesisir ataupun di mana saja di seluruh Indonesia.
    Selain itu tugas ini bukan hanya tanggung jawab pemeritah saja tetapi kita semua orang-orang yang berada di dunia pendidikan dan juga kita orang-orang yang mengerti akan pendidikan sudah seharusnya kita juga ikut membantu untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Negara tercinta kita Indonesia. Yang pada akhirnya jika terjadi pemerataan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia, maka akan menghasilkan SDM yang sangat berkualitas yang berimbas pada kemajuan Negara Indonesia.
    MERDEKA!!!!!!

  7. Eko budiono PNR Elektronika 07 ( 5215077520)

    Menurut yang saya baca dari artikel diatas menyatakan kehidupan dan kegiatan anak-anak bukit suku Dayak meratus, yang begitu susah keinginan belajarnya dikarenakan letak sekolah yang jauh dari tempat tinggal mereka kira-kira 15 kilometer dari tempat tinggal mreka, serta sarana dan prasarana di sekolah yang kurang memadai apalagi perlengkapan sekolah yang sangat minim, banyak diantara para siswa siswa sekolah hanya beralaskan kaki apabila akan pergi ke sekolah. Dari ungkapan diatas diambil kesimpulan bahwa mengadakan pendidikan di daerah pedalaman atau terpencil perlu digunakan metode khusus, itu semua karena minat belajar mereka yang kurang, hal ini dikaenakan kebanyakan anak-anak yang belajar di bangku SD umurnya rata-rata sama dengan anak-anak yang sudah dudukdi bangku SMP dan SMA di Kta-kota besar, bahkan menurut yang saya baca di artikel yang saya baca ada seorang siswa yang duduk di bangku setara SD berumur 29 tahun, itulah yang menandakan minat belajar yang sangat kurang atau bisa dikatakan sekolah didaerah ini terlalu lambat untuk diadakan di wilayang terpencil ini oleh pemerintah. Selain itu tingkat intelegensi atau kecerdasan rata-rata siswa di daerah tersebut kebanyakan dibawah standar kriteria anak yang cerdas sehingga para Guru yang mengajar harus lebih sabar dan tlaten dalam menyampaiakan pelajaran. Dari hal tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa para Guru yang mengajar di daerah tersebut harus menggunakan metode khusus dalam menyampaikanpelajaran misalkandengan kegiatan yang memacu kreativitas sehingga para siswa lebih tertarik untuk belajar.

  8. Eko budiono PNR Elektronika 07 ( 5215077520)

    Menurut yang saya baca dari artikel diatas menyatakan kehidupan dan kegiatan anak-anak bukit suku Dayak meratus, yang begitu susah keinginan belajarnya dikarenakan letak sekolah yang jauh dari tempat tinggal mereka kira-kira 15 kilometer dari tempat tinggal mreka, serta sarana dan prasarana di sekolah yang kurang memadai apalagi perlengkapan sekolah yang sangat minim, banyak diantara para siswa siswa sekolah hanya beralaskan kaki apabila akan pergi ke sekolah. Dari ungkapan diatas diambil kesimpulan bahwa mengadakan pendidikan di daerah pedalaman atau terpencil perlu digunakan metode khusus itu semua karena minat belajar mereka yang kurang, hal ini dikarenakan kebanyakan anak-anak yang belajar di bangku SD umurnya rata-rata sama dengan anak_anak yang sudah duduk di bangku SMP dan SMA di Kota-kota besar, bahkan menurut yang saya baca di artikel yang saya baca ada seorang siswa yang duduk di bangku setara SD berumur 29 tahun, itulah yang menandakan minat belajar yang sangat kurang atau bisa dikatakan sekolah didaerah ini terlalu lambat untuk diadakan di wilayah yang terpencil ini oleh pemerintah. Selain itu tingkat intelegensi atau kecerdasan rata-rata siswa di daerah tersebut kebanyakan dibawah standar kriteria anak yang cerdas sehingga para Guru yang mengajar harus lebih sabar dan telaten dalam menyampaiakan pelajaran. Dari hal tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa para Guru yang mengajar di daerah tersebut harus menggunakan metode khusus dalam menyampaikan pelajaran misalkan dengan kegiatan yang memacu kreativitas sehingga para siswa lebih tertarik untuk belajar.

  9. Redi Hermawan
    5215077541
    PNR Teknik Elektronika

    Menurut saya pendidikan didaerah terpencil itu sangat sangat perlu diperhatikan karena didaerah terpencil sudah sangat tertinggal jauh dari pendidikan di daerah kota.
    faktor yang menyebabkan ketertinggalnya pendidikan di daerah terpencil adalah jauhnya tempat pendidikan, sarana pendidikan,kemiskinan didaerah terpencil,dan kurangnya perhatian dari pemerintah.
    maka daripada itu untuk kedepannya pendidikan didaerah terpencil harus lebih diperhatikan lagi.

  10. Redi Hermawan
    5215077541
    PNR Teknik Elektronika

    Menurut saya pendidikan didaerah terpencil itu sangat sangat perlu diperhatikan karena didaerah terpencil sudah sangat tertinggal jauh dari pendidikan di daerah kota.
    faktor yang menyebabkan ketertinggalnya pendidikan di daerah terpencil adalah jauhnya tempat pendidikan, sarana pendidikan,kemiskinan didaerah terpencil,dan kurangnya perhatian dari pemerintah.
    maka daripada itu untuk kedepannya pendidikan didaerah terpencil harus lebih diperhatikan lagi.

  11. Nama : Wawan sari
    No.reg : 5215077534
    PNR S1 Elektronika 07

    menurut saya, ini merupakan salah satu tugas pemerintah dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Untuk itu pemerintah seharusnya menangini masalah ini secara serius. Karena didaerah-daerah terpencil masih banyak anak usia sekolah yang belum sama sekali tersentuh dunia pendidikan formal. Pemerintah harus meningkatkan fasilitas pendidikan didaerah tersebut karena sangat tidak layak. Selain itu pemerintah juga harus memberikan tunjangan yang layak bagi tenaga pendidik didaerah tersebut.

  12. Haris Triyono PNR elka 07 ( 5215077522)

    Sekolah anak-anak dimeratus perlu diperhatikan oleh pemerintah.Untuk akses jalan kesekolah harus melalui banyak hambatan, belum lagi harus berjalan sejuh 15 km dan harus melewati jalan yang rawan akan becek. Pemerintah harus lebih memperhatikan pendidikan yang ada di daerah, setidaknya pemerintah harus memperbaiki jalan untuk akses ke sekolah, menyediakan alat transportasi untuk akses kesekolah dan menyediakan buku-buku pelajaran, sebetulnya keinginan bersekolah anak daerah sangatlah tinggi bila di bandingkan anak kota jadi adakanlah sistem persamaan pemerataan untuk anak didaerah.

  13. Danu purwanto PNR Elektronika 07 (5215077529)

    menurut saya sekolah yang berada didaerah terpencil seperti yang diatas membutuhkan seorang guru yang benar-banar mampu mengajar para murid meskipun dengan kekurangan yang begitu banyak pada sekolahnya, mulai dari fasilitas serta alat bantu dan alat-alat tulis lainnya. kenapa saya menganjurkan guru adalah yang pertama, karena guru yag seperti itu dapat memberikan semangat belajar pada anak-anak muridnya, jangan jadikan kekurangan sekoalah sebagai alasan untuk tidaka dapat bersekolah, tetapi tumbuhkan semangat kepada para murid dengan begitu para murid dapat memahami segala kekurangan yang ada pada sekolahnya.

  14. M.goeltom PNR elektronika s1 (5215077518)

    pemerintah seharusnya agar lebihpro aktif memperhatikan nasib siswa-siswi yang berada letknya yang masih polosok-pelosok,dengan membangun jalan raya untuk para pejalan kaki karena masih bnyak di desa-desa tempat dimana mereka beersekolah kurang enak dipandangnya salah satuny bangunan-bngunan yang sudah ambruk dan tidak layak lagi ditempati karena kurang mendukung cara proses ngajar-mengajar ,untuk pada pemerintah supaya lebih memperhatikan bagaimana nasib pendidikan kita yang berada atau yang masih bertempat tinggal dipelosok-pelosok.

  15. Nama : Wawan sari
    No.reg : 5215077534
    PNR S1 Elektronika 07

    menurut saya, ini merupakan salah satu tugas berat pemerintah dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Untuk itu pemerintah seharusnya menangini masalah ini secara serius. Karena didaerah-daerah terpencil masih banyak anak usia sekolah yang belum sama sekali tersentuh dunia pendidikan formal. Pemerintah harus meningkatkan fasilitas pendidikan didaerah tersebut karena sangat tidak layak. Selain itu pemerintah juga harus memberikan tunjangan yang layak bagi tenaga pendidik didaerah tersebut.

  16. aditya triantoro PNR Elektronika 07 (5215077538)

    Assalammualaikum Wr. Wb.
    Menurut pendapat saya, sebaiknya pemerintah daerah membantu keadaan sekolah yang di daerah terpencil seperti , memberikan fasilitas yang cukup, buku pelajaran dan buku tulis yang gratis, memberikan kemudahan dalam mencapai lokasi sekolah yang terpencil yang sulit ditempuh, serta membantu sekolah terpencil bekerjasama dengan orangtua yang mengabaikan pendidikan anaknya bahwa pendidikan sangat penting untuk anak – anak mereka. Dengan demikian,
    anak –anak dapat memperoleh pendidikan dengan baik selain bekerja membantu orang tua masing –masing serta dapat merubah diri anak – anak sebagai anak yang sopan santun dan disiplin.
    Wassalammualaikum Wr. Wb.

  17. Potret Indonesia sejauh ini belum terlepas dari kemiskinan, bahkan ada kecenderungan semakin banyak orang yang rentan miskin. Beberapa waktu lalu berita di berbagai media dipenuhi dgn diskusi tentang berapa jumlah orang miskin di Indonesia. Hal ini berawal dari pernyataan Presiden SBY yang menyampaikan data dari BPS bahwa angka penduduk miskin di Indonesia turun menjadi 16,6% yaitu sekitar 36,1 juta.
    Jika dilihat menurut tingkat pendidikan dari kepala pemerintahan di tingkat desa beserta pemuka masyarakat yang ada (sekretaris desa, kaur desa, dan kepala dusun) maka sebagian besar kepala desa dan pemuka masyarakat yang ada tingkat pendidikannya masih relatif rendah. Diharapkan di masa yang akan datang aparat pemerintah sampai tingkat desa semakin berkualitas sehingga fokus pembangunan yang dilaksanakan semakin terarah

  18. Ade setiawan PNR Elektronika 07(52150775470

    jika kita lihat disini peran pemerintah masih sangat kurang dalam mengatasi masalah dimeratus didaerah banjarmasin ini. Seharusnya pemerintah dapat memberikan solusi untuk masalah yang terjadi disana,dan bisa memberikan bantuan.

  19. Daerah terpencil identik dengan daerah tertinggal. Dari sudut standar kehidupan masyarakat secara umum, penduduk daerah terpencil mengalami keterbatasan dalam perumahan, makanan, pakaian, akses pendidikan, akses pelayanan kesehatan, sarana transportasi, energi, telekomunikasi, serta kesempatan kerja. Masyarakat kepulauan dan daerah terpencil juga dihadapkan pada masalah kualitas sumber daya manusia yang rendah dan kemiskinan. Selain tenaga medis, guru juga enggan ditempatkan di daerah terpencil.

  20. Memprihatinkan memang kalau melihat tingkat pendidikan daerah-daerah terpencil,
    seperti di Maluku. Karena mereka terpencar, maka sangat sulit memperoleh
    layanan pendidikan (dan juga kesehatan) dengan kualitas baik. Tapi ada
    “untungnya” ya. Coba kalau mereka mendapat layanan pendidikan dengan baik,
    lulus SMA, kemudian lulus S-1, terus kerja apa ya? Cara yang paling gampang
    menciptakan kesempatan kerja di Indonesia Bagian Timur, seperti yang banyak
    dilakukan selama ini, adalah dengan pemekaran wilayah. Dengan pemekaran
    wilayah, maka banyak dibutuhkan tenaga kerja

  21. FATHURACHMAN PNR Teknik Elektronika 2007

    kita patut bersyukur ternyata masih ada orang yg mo peduli dengan pendidikan,terutama di daerah yang terpencil seperti di Desa Hampang Kecamatan Halong Kabupaten Balangan yg sulit dijangkau. dan ternyta murid-muridnya pun sangant berminat sekali meskipun usianya bukan usia SD lg. bgi para orang tua mereka harus dimaklum,mungkin bgi mereka pendidikan tidak begtu berarti dibandingkan pergi ke kebun memebantu orang tuanya.seperti yg kita liat dikota-kota metropolitan susah sekali untuk pergi ke sekolah meskipun fasilitasnya sudah lengkap.

  22. Yulianto pnr (5215077536)

    Satu hal lagi perhatian Pemerintah terhadap warganya sangat lah kurang apalagi ketika kita melihat anak-anak di maratus.ketika orang tua mereka membiasakan anak-anak mereka mengikuti jejaknya.mereka samasekali tidak memikirkan masa depan/pendidikannya,yang mereka tau adalah bisa cari makan dan bisa makan.pemeritah dengan anggaran yang 20% dan otonomi daerah seharusnya sudah bisa memfasilitasi mereka dengan pendidikan.karena mereka berhak atas pendidikan secara Cuma-Cuma.semoga saja cita-cita mereka bisa lebih baik dan bisa menjadi anak yang di harapkan bangsa dan medobrak semangat untuk hidup layak dan mau maju di daerahnya dan daerah terpencil lainnya.Andai saja pemrintah dam masyarakat mau bersama mengatasi masalah di seluruh pelosok Negeri.

  23. windy (5215070253)

    menurut pendapat saya, sebaiknya pemerintah indonesia lebih memerhatikan lagi pendidikan diindonesia, terutama dibagian pedalaman, karena anak-anak dipedalaman sangat sekali membutuhkan pendidikan tersebut, apalagi semangat mereka begitu besar dan seharusnya banyak pihak yang terkait memikirkan hal ini.

  24. Fahmi Amran (5215077528) Pend. Teknik Elektronika 07

    Assalammualaikum Wr.Wb.
    Menurut artikel yang saya baca, sekolah seperti ini sangat memprihatinkan.Seharusnya pemerintah membantu sekolah tersebut dan sekolah terpencil yang lainnya dengan memberikan pendidikan,buku,serta fasilitas yang lainnya dengan lengkap.Pemerintah seharusnya juga membantu sekolah terpencil tersebut bekerjasama dengan orang tua murid yang ada didaerah terpencil bahwa pendidikan itu sangat penting.Dimana pendidikan itu dapat menambah wawasan anak mereka dan dapat merubah anak mereka menjadi lebih sopan dari sebelumnya.

  25. hafis Rizki R (5215077517) PNR Pend. Teknik Elektronika

    Menurut pendapat Saya,

    Daerah terpencil adalah daerah yang jauh dari keramaian dan berbagai kemajuan teknologi yang berada di kota. Untuk itu, perlu pendekatan betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia yang langsung bisa mengambil manfaatnya.Maka dari itu kita harus membantu anak-anak yang berada di daerah terpencil.karna,anak-anak daerah terpencil melihat dunia teknologi akan tertarik untuk mempelajarinya.

    Dan pemerintah harus menanganinya secara serius, dan benar-benar menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai. Dan juga tidak lupa sarana transportasi yang menjadi kendala serius bagi warga daerah terpencil. Karna, waraga terpencil tidak banyak yang mempunyai kendaraan untuk pergi ke mana-mana.

  26. AGUNG PRASETYO RINALDI

    AGUNG PRASETYO RINALDI
    5215077530
    PNRS1ELEKTRONIKA

    Saat ini perkembangan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) sudah sedemikian pesatnya, terutama di daerah perkotaan. Seperti kita ketahui bersama, adanya kebijakan dalam rangka mengintegrasikan TIK kedalam pendidikan merupakan suatu terobosan yang diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
    Namun, sejauh ini pengembangan TIK masih terkonsentrasi di daerah-daerah perkotaan saja.
    Bagaimana dengan daerah-daerah terpencil…?
    Bukankah saudara-saudara kita yang didaerah terpencil memiliki hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang layak.

    Kenyataan yang ada saat ini, kita masih mendapati besarnya kesenjangan pendidikan antara daerah-daerah terpencil dibandingkan dengan daerah perkotaan.
    Banyak faktor yang menyebabkan terjadi kesenjangan ini, salah satunya adalah distribusi guru yang belum merata.
    Kondisi ini diperparah dengan tidak sesuainya kualifikasi guru yang mengajar suatu mata pelajaran.

  27. irfan mubarok PNR elka07 (5215077548)

    Dengan keadaan yang seperti ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus bersatu padu untuk menanggulangi masalah pendidikan di daerah terpencil.Mka dari pada itu dana bantuan berupa beasiswa ataupun lainnya harus mengalir rata sesuai sasaran dan jangan sampai terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti:pentimpangan dana,penyalahgunaan dari pihak sekolah,
    dengan adanya pengawasan dari pamda maka diharapkan pencapaian pendidikan yang lebih baik untuk mengangkat derajat daerah setempat

  28. HOTMA TIOPAN 5215077543

    Tanggapan saya.pemerintah harus juga memperhatikan pendidikan didaerah terpencil,Dalam hal ini pemerintah tidak boleh hanya mengutamakan pendidikan didaerah perkotaan.Pemerintah pusat harus bekerja sama dengan pemerintah daerah dan juga masytarakat serta para anak didik,anak didik harus menjaga sarana daan prasarana yang disumbangkan oleh pemerintah

  29. kurnianursyahriati

    Dalam menangani pendidikan didaerah terpencil seharusnya pemerintah membuatkan jalan yang bagus untuk daerah terpencil agar orang lain mudah untuk membantu kedaerah terpencil tersebut dan seharusnya pemerintah memberikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang layak seperti buku pelajaran, buku tulis, peralatan untuk praktek, seragam sekolah dan yang terpenting yaitu gedung sekolah untuk daerah terpencil, memberikan pendidikan untuk guru-guru daerah terpencil agar menjadi guru yang berkualitas yang bisa mendidik dengan baik, dan memberikan penyuluhan kepada orang tua di daerah tersebut betapa pentingnya sekolah dan pendidikan itu penting untuk memajukan negara khususnya daerah tersebut. Pemerintah juga harus memberikan dana pendidikan yang mencukupi untuk daerah terpencil. Pemerintah juga memberikan gaji dan tunjangan yang layak untuk para pendidik didaerah terpencil karena kehidupan guru didaerah terpencil sangat memperihatinkan. Dan apabila semua sarana prasarana didaerah terpencil tersebut maka terciptalah pendidikan yang layak dan suatu saat nanti jika para anak idik belajar dengan rajin maka bisa membangun daerah terpencil tersebut menjadi daerah yang menghasilkan dan hasilnya tersebut bisa mendatangkan lapangan pekerjaan untuk daerah terpencil tersebut.

  30. Kurnia_E07(5215070249)

    Dalam menangani pendidikan didaerah terpencil seharusnya pemerintah membuatkan jalan yang dapat dilalui menuju daerah terpencil agar orang lain mudah untuk membantu kedaerah terpencil tersebut dan seharusnya pemerintah memberikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan yang layak seperti buku pelajaran, buku tulis, peralatan untuk praktek, seragam sekolah dan yang terpenting yaitu gedung sekolah untuk daerah terpencil, memberikan pendidikan untuk guru-guru daerah terpencil agar menjadi guru yang berkualitas yang bisa mendidik dengan baik, dan memberikan penyuluhan kepada orang tua di daerah tersebut betapa pentingnya sekolah dan pendidikan itu penting untuk memajukan negara khususnya daerah tersebut. Pemerintah juga harus memberikan dana pendidikan yang mencukupi untuk daerah terpencil. Pemerintah juga memberikan gaji dan tunjangan yang layak untuk para pendidik didaerah terpencil karena kehidupan guru didaerah terpencil sangat memperihatinkan. Dan apabila semua sarana prasarana didaerah terpencil tersebut maka terciptalah pendidikan yang layak dan suatu saat nanti jika para anak idik belajar dengan rajin maka bisa membangun daerah terpencil tersebut menjadi daerah yang menghasilkan dan hasilnya tersebut bisa mendatangkan lapangan pekerjaan untuk daerah terpencil tersebut.

  31. Pendiddikan untuk anak di daerah terpencil, membutuhkan penanganan bersama. Dalam pengertian semua pihak harus bekerja sama untuk memecahkan persoalan ini. Di satu sisi, pemerintah pusat dan daerah sebaiknya melakukan pembangunan yang berkesinambungan dan berkelanjutan agar, daerah – daerah yang masih terpencil dapat menjadi daerah yang mudah dijangkau. Sehingga daerah tersebut menjadi daerah yang lebih baik dari sebelumnya. Dan juga membangun atau pun membenahi berbagai fasilitas untuk masyarakat terutama fasilitas pendidikan.
    Masyarakat daerah pun harus ikut peduli terhadap pendidikan untuk daerah tersebut. Pihak sekolah dan aparat desa seharusnya mampu memberi pengertian kepada masyarakat yang ada di daerah ( terpencil ), walaupun anaknya bekerja untuk membantu keluarga tetapi, pendidikan di sekolah harus pula dipentingkan agar anaknya kelak bisa membuat keadaan keluarga menjadi lebih baik

  32. yudha dharmawan pnr elktronika 07 unj 5215077539

    YUDHA DHARMAWAN

    PNR ELKA 07

    5215077539

    Hal yg hrs d prhtikan sdh jls bhwa plu ad pmerataan ksjhtraan dan pendidikan bg pnddk daerah trpncil salah satu upayanya yaitu menyelenggarakan pnddkn dan mmbrikn sarana dan prasarana dr smua phk…jg mmbrikan dkngn agr memotifasi ank untk bs mnrskn pnddkn wlau dlm kndsi apapun…untuk itu smua pihak d hrpkn krjsm antara smua pihak dlm menangani mslh ini agar jmlh kebodohan d indonesia dpt d kurangi

  33. jan_elektro_5115072376

    Menurut pendapat saya, sangat memprihatinkan apa yang telah dijelaskan oleh penyaji. Pendidikan di daerah terpencil tersebut sangat jauh berbeda dengan yang berada di perkotaan. Mulai dari fasilitas, sarana dan prasarana, dan kondisi ruang kelas. Namun walau begitu mereka tetap semangat menuntut ilmu, ini terbukti ada siswa yang berumur 29 tahun ikut dalam program paket A. semoga pemerintah daerah khususnya, dapat lebih memfokuskan daerah – daerah terpencil tersebut agar menjadi lebih baik. Terutama dalam hal pendidikan.

  34. pemerintah terus memotivasi para guru di daerah terpencil dan daerah pedalaman di tanah air untuk tetap mengajar sesuai dengan harapan bangsa.

    Upaya memberi motivasi dinilai penting, mengingat guru di daerah terpencil dan pedalaman dihadapkan pada tantangan yang jauh lebih berat dibanding di perkotaan.

    “Selain daerahnya terpencil, melalui perjalanan sulit, juga sarana dan prasarana belajar mengajarnya belum memadai,”

  35. sangat ironis dibandingkan dengan bersekolah di kota besar…
    belum lagi siswa yang tempramental cendrung kurang sopan dan ditambah orangtuanya yang lebih menganjurkan untuk bekerja…
    entah bagaimana jadinya apabila sudah tidak ada pemerhati pendidikan yang lebih cepat mengambil inisiatif dan bekerja secara mandiri ketimbang harus menunggu kinerja pemerintah yang cendrung lamban untuk merespon, ini sangat menendakan bahwa bangsa kita bangsa inidonesia masih tertinggal jauh dalam hal pendidikan dengan negara yang dulunya adalah negara berkembang yang kini sudah merangkak menuju kategori maju bahkan bisa sudah dikatakan maju, seperti dulu malaysia negara baru yang merdeka, bangsa kita memberikan bantuan tenaga guru kenegara ini, namun kenyataannya bangsa ini malah lebih unggul daripada bangsa kita indonesia yang malah terbalik…
    sangsi apabila di malaysia ada sekolah yang seperti di meratus itu… dengan jalan lumpur… batu terjal… berkilo-kilo meter jaraknya… tidak mungkin ada seperti di indonesia kita tercinta ini…

  36. Sudah sangat banyak sekali saya mendengar cerita mengenai pendidikan anak-anak di daerah terpencil, tetapi semakin lama sepertinya pemerintah semakin acuh dengan masalah ini. Mereka hanya asyik memikirkan kehidupan mereka sendiri dalam kemewahan, padahal sebernarnya mereka tidak tahu behwa mungkin saja anak-anak dari daerah terpencil inilah yang memiliki kecerdasan dan potensi unutk memajukan Indonesia dimata dunia kelak. Apalagi dengan lokasi sekolah yang cukup jauh dan terpencil, staf2 gur gru pengajar yang tidak mencukupi dan minimnya fasilitas seklah, seolah-olah pendidikan anak2 daerah terpencil ini terabaikan. Kurangnya peran serta pemerintah daerah dan pusat juga menjadi salah satu penyebab yang sangat fundamental dalam perkembangn anak2 daerah terpencil. Lagi2 peerintah menutup mata atas semua masalah yang telah berlarut-larut ini. Sehingga kurang adanya sosialisasi pendidikan menyebabkan orang tua siswa tidak paham bahwa betapa penting manfaat pendidikan dalam kehidupan dimasa mendatang anak2 mereka.

  37. anggraEni_e07(5115072382)

    Sudah sangat banyak sekali saya mendengar cerita mengenai pendidikan anak-anak di daerah terpencil, tetapi semakin lama sepertinya pemerintah semakin acuh dengan masalah ini. Mereka hanya asyik memikirkan kehidupan mereka sendiri dalam kemewahan, padahal sebernarnya mereka tidak tahu behwa mungkin saja anak-anak dari daerah terpencil inilah yang memiliki kecerdasan dan potensi untuk memajukan Indonesia dimata dunia kelak. Apalagi dengan lokasi sekolah yang cukup jauh dan terpencil, staf2 gur gru pengajar yang tidak mencukupi dan minimnya fasilitas seklah, seolah-olah pendidikan anak2 daerah terpencil ini terabaikan. Kurangnya peran serta pemerintah daerah dan pusat juga menjadi salah satu penyebab yang sangat fundamental dalam perkembangn anak2 daerah terpencil. Lagi2 peerintah menutup mata atas semua masalah yang telah berlarut-larut ini. Sehingga kurang adanya sosialisasi pendidikan menyebabkan orang tua siswa tidak paham bahwa betapa penting manfaat pendidikan dalam kehidupan dimasa mendatang anak2 mereka.

  38. pendidikan di Indonesia memang dibilang sangat rendah, jangankan di daerah pedalaman di daerah perkotaan pun masih banyak sekolah yang belum memenuhi standar yang ditentukan oleh pemerintah. Mungkin jika kita menunggu tindakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan membutuhkan waktu yang sangat lama. lebih baik kita memberikan asumsi pada masyarakat khususnya para orang tua bahwa pendidikan itu sangat penting. seperti yang dijelaskan pada artikel diatas banyak orang tua khususnya didaerah pedalaman yang beranggapan bahwa pendidikan itu tidak begitu penting.jika orang tuanya saja beranggapan seperti itu maka dengan sendirinya anka mereka tidak memiliki motivasi untuk mengikuti kegiatan pendidikan.

  39. wiwin kurniati E07

    seharusnya pemerintah dan warga daerah setempat memperbaiki jalanan agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik sehingga kebutuhan sekolah dapat terpenuhi. jika jalanan sudah diperbaiki maka sarana dan prasarana sekolah dapat sampai dengan tepat waktu tanpa adanya hambatan dalam perjalanan dan mungkin tenaga pengajar yaitu guru dapat bertambah karena tidak ada hambatan dalam perjalanannya. dan sebaiknya diadakan penyuluhan wajib sekolah 9 tahun kepada orang tua sehingga anak-anaknya diperbolehkan untuk bersekolah.

  40. rinda _E07(5115072383)

    memang sangat menyedihkan melihat keadaan pendidikan di daerah terpencil tersebut. di daerah terpencil memang harus mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah agar mereka mendapatkan pendidikan yang layak. walaupun kondisi yang ada seperti itu diharapkan pemerintah pusat,pemerintah setempat dan masyarakat daerah sekitar serta semua pihak ikut perduli dapat menciptakan pendidikan di daerah tersebut lebih layak dan membaik.

  41. verraseli_5115072394

    Bagaimanapun juga sekolah-sekolah yang berada didaerah terpencil harus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Terutama dalam hal mutu pendidikannya, kebanyakan diantara sekolah tersebut masih belum layak disejajarkan dengan sekolah lain yang berada di perkotaan terutama dalam hal materi pendidikannya terbukti ketika UAN, banyak diantara siswa sekolah tersebut yang tidak lulus. Langkah yg seharusnya dilakukan pemerintah dan LSM yaitu memberikan penyuluhan tentang pentingnya pendidikan kepada warga yang berada di daerah terpencil agar, selanjutnya harus memperhatikan keadaan fisik serta mutu pendidikan sekolah yang berada didaerah terpencil

  42. Hanto Sujatmiko_T.Elektro_5115072374

    Semua manusia berhak mendapat pendidikan dimanapun mereka berada, Sekalipun berada di daerah yang terpencil dan sulit dijangkau. Apalagi di negara kita yang mempunyai banyak suku-suku di daerah pedalaman., pemerintah harus memikirkan masalah ini. Memang sangat sulit sekali mengajar di daerah pedalaman, ini memerlukan penanganan khusus, tetapi tidak menghalangi semangat para guru yang akan mendidik siswa pedalaman, karena ini sudah menjadi tanggung jawab kita semua. Dan saya menyarankan agar pemerintah memberikan penghargaan khusus kepada para guru yang telah mengabdi di sekolah-sekolah pedalaman atau terpencil agar mereka merasa dihargai oleh kita semua.

  43. arief neiriza_elektro_5115072377

    Memang kita ketahui, taraf pendidikan antara di kota dan di daerah yang terpencil berbeda jauh. Di lihat dari segi fasilitas, akomodasi, dan staf pengajarnya yang sangat berbeda. Perlu kerja extra pagi para pendidik untuk memberi semangat kepada anak didik agar mau bersekolah. Karena anak – anak dan orang tua berfikir, lebih baik membantu di ladang yang dapat menghasilkan uang di banding harus bersekolah. Di harapkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat agar lebih memperhatikan pendidikan anak – anak daerah terpencil dengan membantu pemberian dana untuk perbaikan fasilitas sekolah dan pembelian alat – alat serta buku bacaan untuk membantu proses belajar. Dan harus di berikan penyuluhan kepada orang tua yang memiliki anak untuk bersekolah. Sehingga orang tua lebih yakin menitipkan anaknya di sekolah untuk belajar di banding harus bekerja di lading membantu mereka.

  44. Muhammad Zikri Alim Lubis_5115072396

    Membangun suatu sikap atau merubah adat orang lain ke arah yang kita inginkan memang sangat sulit, butuh kedisiplinan, keuletan dan pengetahuan yang lebih luas serta kesabaran yang ekstra untuk memantapkannya. Jangankan di daerah yang terpencil seperti itu, teman-teman kita yang sebagian besar disebut “masyarakat desa” (masyarakat pinggiran kota atau kota adalah pinggiran wilayah mereka) sudah banyak kita lihat mereka tidak mempunyai tempat singgah menuntut ilmu atau lokal-lokal kelas untuk mereka belajar. Kejam sekali dunia ini jika melihat kondisi seperti. Perbedaan merupakan modal yang sangat kuat untuk menciptakan suatu tatanan masyarakat yang tangguh jika kita melihatnya sebagai kesamaan individu dalam kedudukannya di dunia ini.
    Saya jadi berpikiran, bagaimana jika pertukaran pelajar itu tidak hanya ke negara-negara maju atau studi ke sekolah yang lebih tinggi kualitasnya. Mungkin, dengan adanya pertukaran pelajar dari daerah-daerah yang baik tatanan pendidikannya ke daerah-daerah terpencil atau daerah yang kurang baik finansialnya begitu pun sebaliknya anak-anak daerah terpencil itu ke kota. Bukan berarti tenaga pengajar daerah terpencil tidak berkualitas bukan. Saya menilai dengan adanya “studi banding” seperti itu akan lebih dan lebih membuka wawasan anak-anak Indonesia akan “kebhinekaan” yang ada di Indonesia, dan yang tidak kalah pentingya rasa berbagi dan bersaudara akan lebih melekat di sanubari para penerus bangsa ini agar tidak “serakah dan acuh” terhadap saudara-saudara yang membutuhkan nantinya.

  45. Sugeng Hartanto_5115072395

    Menurut pendapat saya, Anak-anak di daerah terpencil memang memang amat memprihatinkan apalagi ditambah dengan biaya sekolah yang makin lama makin tinggi. Seharusnya pemerintah yang terkait harus lebih peka dengan daerah-daerah yang masih sulit untuk dicapai. Pengiriman tenaga pendidik serta pembangunan fasilitas penunjangnya (gedung sekolah) dan pengadaan peralatan untuk praktikum penting untuk lebih dapat diutamakan. Sosialisasi tentang pentingnya pendidikan bagi tiap anak-anak mereka juga harus dilakukan karena kurangnya kesadaran mereka pentingnya pendidikan yang dapat mengubah nasib mereka kelak bila anak-anak mereka mempunyai kemampuan untuk merubah nasib keluarganya. Apabila semua hal ini telah dilakukan maka daerah terpencil pun akan dapat merasakan pendidikan seperti di kota-kota besar.

  46. Saiful_5115072384

    memang menyakitkan bila membaca artikel tersebut. Keadaan pendidikan di daerah terpencil sangat bertolak belakang dengan di kota. Perlu adanya perhatian yang lebih dari pemerintah terhadap masalah ini. Jangan sampai pendidikan di daerah-daerah terpencil seperti bukit Meratus tidak diperhatikan. Selain tenaga pengajar yang kurang, sarana dan prasarananya juga sangat minim padahal mungkin antusiasme warga untuk mengenyam pendidikan cukup besar. Mungkin kita juga bisa melihat keadaan yang hampir sama dengan film laskar pelangi. Mungkin juga film ini perli diputar di setiap tempat yang mungkin kesadaran masyarakat akan pentingnya arti pendidikan kurang.
    Pemerintah harus memberikan penghargaan khusus kepada para tenaga pengajar yang mau dangan ikhlas mengabdikan dirinya dalam masalah pendidikan daerah terpencil ini. Harus selalu meberikan motivasi pada mereka. Selain itu juga diperlukan kesadaran masyarakat agar turut membantu memecahkan masalah ini. Diperlukan pula relawan-relawan untuk mengatasi masalah ini. Sehingga arti penting pendidikan dapat dipahami oleh semua warga.

  47. Johan Paramita (5115072379)

    ini adalah salah satu gambaran,dari sekian banyak daerah pedalaman yang belum tersentuh oleh pendidikan.pemerintah harus mengatasi masalh seperti ini diseluruh wilayah Indonesia agar meraka bisa maju dan tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi misalanya dengan mengirm kan guru-guru Bantu untuk mengabdi didaerah pedalaman,membangun gedung-gedung serta fasilitasnya dan juga mebuatkan akses jalan agar mudah ditempuh oleh guru dan juga memberikan penyuluhan dan pengertian kepada warga pedalamn akan pentingnya sekolah.

  48. jayani ahmad (5115072381)

    setelah saya membaca sungguh sangat memperihatinkan kondisi pada daerah terpencil seperti pada Desa Hampang Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, dimana disana terdapat sekolah SD kecil Hampang namun untuk menempuh perjalanan ke desa tersebut menyita waktu yang cukup lama serta kendala – kendala dalam perjalanan pun ada seperti rusaknya jalanannya dan tanah yang becek serta rawan pada saat hujan. lalu melihat pendidikan pada SD kecil hampang yang membuat prihatin dalam program kerjanya yang saat ini dilakukan oleh 3 orang guru yang saling bergantian disini kita patut mengancungkan jempol pada ke-3 guru tersebut walaupun tahu kalo kondisi sarana dan prasarananya kurang memadai maka disinilah peran pemerintah setempat berupaya membantu serta menolong segala kebutuhan – kebutuhan yang semestinya sudah dipikirkan seperti halnya memperbaiki jalanan, membantu program pendidikan supaya berjalan lancar seperti sarana dan prasarana dalam pendidikan, penambahan pendidik(guru)serta memberikan motivasi lainnya.

  49. Menurut saya, pemerintah pusat dan pemerintah daerah seharusnya mampu berkoordinasi guna mencari daerah-daerah yang masih memiliki kekurangan dalam penyelengaraan pendidikan di suatu daerah. Karena kita tahu bersama bahwa setiap warga negara berhak atas pendidikan, dan itu tidak terkecuali bagi anak-anak di desa terpencil. Mereka berhak mendapat pendidikan yang sejajar dengan yang ada di kota. Dan dalam hal ini, pemerintah dan juga berbagai Lsm bisa mencoba mengevaluasi dan memperbaiki daerah yang masih sangat “rendah” dalam bidang pendidikan. Saya yakin, bila pendidikan di suatu daerah meningkat secara kualitasnya, maka kualitas kehidupan mereka pun akan ikut meningkat pula…

  50. Fajar B. Zm (5115072380) Elektro '07

    Suatu kondisi yang mengharukan sekaligus menmbanggakn. Di mana di daerah terpencil sekalipun masih ada system pendidikan yang berjalan walaupun itu masih sanagt kecil dan terbatas. Namun yang patut kita contoh adalah semangat dan kemauan dari mereka untuk menuntut ilmu seperti apa yang kita laklukan walaupun kondisi mereka sangat terbatas dan tidak mendukung. Hal yang dapat diambil pelajaran dari suatu keadaan di atas adalah bagaimana kita harus menuntut ilmu walaupun berat rintanganya, dan yang kedua adalah pelajaran bagi pemerintah. Bagaiman kinerja pemerintah kenapa masih saja terdapat kasus seperti di kinabalu itu? Bukankah pemerintah telah menganggarkan sekitar 20% APBN nya untuk pendidikan? Jarak dan kondisi alam disana bukanlah alas an utama untuk menyangkalnya. Tapi kurangnya perhatian pemerintah terhadap daerah lain. Pemerinta seharusnya adfal dalam memberikan perhatian kepada daerah-daerah dalam berbagai hal. Terutama pendidikan.

  51. Achmad Maulana TE07 [5115072372]

    Saya sangat bangga dengan ketiga guru yang mengajar di sekolah Desa Hampang Kecamatan Halong Kabupaten Balangan, mereka memiliki jiwa profesionalisme yang tinggi, bayangkan, mereka harus berjalan sejauh 15KM dengan jalan yang sulit di jangkau. Guru seperti ini yang harus dijadikan contoh bagi guru-guru yang lain. Mereka mengajar dengan sarana dan prasarana yang sangat terbatas tetapi mereka masih tetap semangat dengan kekurangan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s