Pendidikan Siaga Tsunami untuk Warga Pesisir

Perlunya memahami bencana tsunami khususnya di daerah pesisir barat Sumatera membuat lembaga swadaya Komunitas Siaga Tsunami memfokuskan ke tujuh daerah pesisir barat Sumatera Barat.


Direktur Eksekutrif Kogami, Patra Rina Dewi, Senin (13/10) dalam acara peluncuran program kerja Kogami di Hotel Bumiminang, Padang mengatakan Kogami masih memfokuskan program kerjanya untuk pendidikan kesiagaan tsunami di sekolah-sekolah dan masyarakat terutama di tujuh daerah pesisir Sumatera Barat yang rawan tsunami seperti Pariaman, Padangpariaman, Agam, Pesisir Selatan, Padang, Pasaman Barat dan Kepualauan Mentawai.”Kami menargetkan hingga 2010 sekitar 30 persen sekolah di Sumatera Barat menjadi sekolah model untuk siaga bencana, saat ini sedang berjalan program sekolah bencana di 12 sekolah di Kota Padang mulai dari sekolah dasar hingga tingkat sekolah menengah atas, program ini disingkronkan dengan kurikulum yang ada dan masuk ke dalam muatan lokal,” kata Patra Rina Dewi,

Selain itu Kogami juga akan membuat pelatihan bagi pegawai pemerintah dan pembuatan posko siaga di tujuh daerah rawan serta melakukan rangkaian sosialisasi kesiagaan bencana kepada masyarakat dan membuat peta resiko bencana wilayah.

Untuk merealisasikan program kerjanya, Kogami menganggarkan biaya Rp900 juta setiap tahun yang di antaranya bersumber dari APBD Sumatera Barat Rp300 juta per tahun dan APBD Padang Rp100 juta per tahun.

Selain bermitra dengan pemerintah, Kogami juga menjalin kerjasama dengan Unesco dan sejumlah LSM seperti Surf Aid untuk Kepualauan Mentawai.

 

 

 

 

Sumber: Tempo Interaktif, 13 Okt 2008
Iklan

50 responses to “Pendidikan Siaga Tsunami untuk Warga Pesisir

  1. Jaka Mulyadi PNR Elektronika 07 (5215077524)

    Pendidikan siaga bencana tsunami merupakan pendidikan yang sangat bagus bagi pelajar di sekitar pesisir pantai. Karena jika terjadi bencana tsunami lagi mereka sudah tahu dan siap apa yang harus mereka lakukan, setidaknya tidak akan menambah panic saat terjadi bencana tersebut.
    Sebaiknya pendidikan tersebut tidak hanya untuk warga pesisir saja, tetapi keseluruh sekolah baik yang berada di sekitar pantai ataupun jauh dari pantai dan tidak hanya pendidikan bencana tsunami saja tetapi untuk bencana lainnya, seperti gempa, banjir, angin topan, banjir dan bencana-bencana lainnya harus diberikan pendidikan akan antisipasi bencana-bencana tersebut. Hal tersebut akan berdampak pada jumlah korban jika terjadi bencana alam tersebut. Mereka ( siswa-sisiwi ) akan lebih tenang dalam menghadapi bencana tersebut, karena mereka telah mengetahui apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana alam.

  2. niwan PNR elka 07

    Daerah di Indonesia sdebagian besar adalah laut sehingga bencana alam sering terjadi akibat gelombang air laut.Seperti yang terjadi di Aceh, gelombang tsunami yang sangat besar telah menelan ribuan korban yang sampai sekarang masih meninggalkan trauma yang mendalam. Oleh kaerena itu program kerja pendidikan siaga tsunami di sekolah-sekolah dan masyarakat umum sangat diperlukan.Hal itu untuk membnuat bagaimana masyarakat tidak panik menghadapi bahaya, walau kita semua tidak mengharapkan datangnya musibah atau bencana alam.Kita sebagai mahasiswa mendukung program kerja siaga tsunami.

  3. niwan PNR elka 07 5215077537

    Daerah di Indonesia sdebagian besar adalah laut sehingga bencana alam sering terjadi akibat gelombang air laut.Seperti yang terjadi di Aceh, gelombang tsunami yang sangat besar telah menelan ribuan korban yang sampai sekarang masih meninggalkan trauma yang mendalam. Oleh kaerena itu program kerja pendidikan siaga tsunami di sekolah-sekolah dan masyarakat umum sangat diperlukan.Hal itu untuk membnuat bagaimana masyarakat tidak panik menghadapi bahaya, walau kita semua tidak mengharapkan datangnya musibah atau bencana alam.

  4. FAJARUDIN 5115072390

    Perlu adanya perhatian dari pemerintah pusat untuk turut membantu anak-anak khususnya bagi mereka yang terkena imbas musibah tsunami dan lain sebagainya. dan juga semua pihak yang baik secara moral maupun morilnya dapat membantu dalam upaya menciptakan pendidikan bagi mereka yang membutuhkan.
    semoga tidak menjadi halangan bagi anak-anak di daerah pesisir yang selalu dirundung rasa was-was jika terjadi bencana alam yang melanda di daerahnya.

  5. yudha dharmawan pnr elektronika unj 07 5215077539

    dari artikel ini yang dapat saya tambahkan langkah yang diambil cukup positif dalam mengantisipasi diantaranya sosialisasi dan simulasi tsunami.saya sangat setuju dengan dimasukkan materi natisipasi bencana kedalam muatan lokal.hal ini merupakan langkah yang sangat positif demi memberikan bekal terhadap anak anak yaang belum tahu cara mengatisipasi bencana.pendidikan akan siaga tsunami memang penting juga di berikan kepada masyarakat sekitar disamping sebagai antisipasi waktu terjadi bencana juga memberikan pengetahuan bagi warga tentang bahaya tsunami.

  6. Nama : Ramadani Arifin
    No Reg : 5215 08 5055
    Program : Non regular

    Komentar tentang “pendidikan anak daerah pesisir’

    Saya rasa bagus, dengan adanya program kogami di sekalah dan tempat umum lainnya, merupakan jalan keluar yang baik dan maksimal. Selain itu program ini dapat menambah pengetahuan tambahan bagi warga pesisir. Dan program ini dapat dijadikan contoh bagi warga pesisir lainnya sebagai alternative dalam menghadapi bencana alam yang kerap menjumpainya sewaktu-waktu. Lalu program ini merupakan jalan keluar psikologis bagi anak dan masyarakat sekitar agar tidak merasa was-was dalam menghadapinya. Dan program ini dapat mengurangi angka kematian dan mengurangi pengangguran bagi warga daerah pesisir, lalu mempunyai emosi yang stabil dalam menghadapi bencana alam.

  7. Eko budiono PNR Elektronika ( 5215077520)

    Menurut saya untuk megurangi kalau bisa tidak ada korban bencana akibat tsunami pemerintah perlu mengadakan peninjauan atau pendidikan siaga tsunami untuk warga pesisir, mengapa harus warga pesisir, karena wilayah pesisir merupan wilayah yang paling rawan dan paling banyak menimbulkan korban meninggal., karena wilayah pesisir sangatlah dekat dengan laut dan juga karena bencana tsunami itu sendiri adalah bencana yang melalui medium air laut. Apabila pendidikan siaga tsunami bisa diterapkan pada warga pesisir tentunya ini sangatlah berguna demi keselamatan warga yang berada di pesisir tersebut Apalgi bila saja pendidikan siaga tsunami bisa di terapkan di bangku sekolah dasar pastinya akn jauh bermanfaat karena dari sinilah sutu ilmu dapat dengan mudah diserap karena otak anak-anak yang masih kecil akan lebih mudah menangkap apa yang akan di sampaikan oleh para pembimbing sehingga para pembimbinga akan jauh lebih mudah dalam menyampaikan pelajaran mereka. Keimpulan dari semua diatas adalah suatu pencegahan dengan diadakan pendidikan siaga tsnami kepada warga di pesisir tentunya sangatlah membantu agar di kemudian hari banyaknya korban yang meninggal sia-sia akibat kurang tahunya mereka tentang bencana tsunami itu sendiri serta hal apa saja yang harus mereka perbuat apabila bencana itu memang benar-benar terjadi.

  8. Tidak bisa dipungkiri, hingga saat ini kehidupan masyarkat pesisir masih jauh tertinggal dari kehidupan perkotaan, bahkan juga jauh tertinggal dari daerah pedalaman hutan. Sebagaimana yang pernah diungkapkan oleh Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT) Lukman Edy kepada Sijori Mandiri awal bulan lalu. Untuk memberdayakan masyarkat pesisir ini, secara keseluruhannya di Indonesia harus dibutuhkan kerjakeras dan komitmen seluruh aspek di pemerintahan untuk menyatukan komitmennya. Jikapun sudah ada komitmen dari seluruh aspek pemerintahan, maka pemberdayaannya baru akan benar-benar maju tahun 2015 mendatang.

    Target yang dipatok Lukman Edy itu bukan tanpa alasan, mengingat masyarakat pesisir yang masih menggantungkan kehidupannya sepenuhnya dari hasil tangkapan ikan yang tidak seberapa. Bahkan jika terjadi gangguan cuaca, seperti angin kencang, maka nelayan hanya bisa dirumah saja. Hal yang telah menjadi tradisi ini tentunya menjadi alasan yang cukup kuat bagi pemerintah untuk mempertimbangkannya.

    Saat ini hal tersebut baru berupa gagasan, sedangkan untuk pelaksanaanya harus dibicarakan lagi dengan sektor pemerintahan lainnya agar tujuan tersebut tercapai. Kenapa masyarakat pesisir harus dimajukan ? Selama ini yang menjadi pusat perhatian pemerintah adalah masyarakat yang ada di pelosok. Dan bisa dilihat hasilnya saat ini masyarakat pelosok telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, bahkan bisa dibilang sangat baik perkembangannya.

  9. Redi Hermawan
    5215077541
    PNR Teknik Elektronika

    KOGAMI adalah lembaga non pemerintah yang memiliki program utama untuk mendidik masyarakat tentang bencana gempa bumi, tsunani, dan upaya untuk menyelamatkan diri dari bencana tersebut. Kogami beranggotakan berbagai komponen masyarakat yang memiliki perhatian terhadap pengurangan risiko bencana. KOGAMI juga sebagai lembaga yang mengingatkan dan mendidik dalam pengembangan budaya kesiapsiagaan menghadapi bencana,dan dapat menciptakan masyarakat yang sadar, tanggap dan siap menyikapi, mengantisipasi dan menghadapi bencana. pemerintahan dan masyarakat harus dapat meningkatkan kemampuan dalam mengurangi resiko bencana daerah atas dasar profesionalisme yang akuntable dan transparan tanpa meninggalkan nilai keikhlasan, kemanusiaan dan kekeluargaan.

  10. Nama : Wawan sari
    No.reg : 5215077534
    PNR S1 Elektronika 07

    Menurut saya, dengan adanya pendidikan siaga tsunami tersebut sangat bermanfaat bagi rakyat di daerah tersebut. Karena mereka dapat mengetahui gejala-gejala jika akan terjadi tsunami kemudian mereka bisa menyelamatkan diri atau mengungsi ketempat yang lebih aman sebelum terjadinya bencana tsunami tersebut. Oleh kerena itu saya pribadi sangat mendukung program ini. Namun saya menyarankan agar pendidikan tersebut dapat diterapkan di semua sokolah-sokolah di indonesia terutama yang rawan bencana alam. Dan tidak hanya pendidikan tsunami tetapi juga bencana lain seperti gempa, banjir, tanah longsor dan lain-lain.

  11. Haris Triyono PNR elka 07 ( 5215077522)

    Menurut saya pendidikan siaga tsunami untuk warga pesisir harus dan wajib diterapkan agar masyarakat tau dan dapat memperkirakan gejala-gejala jika adanya kemungkinan besar berpotensinya tsunami dan bagaimana cara penanggulangannya bila musibah itu datang. Karena peristiwa Tsunami yang menimpa daerah aceh membuat saya menangis. Mungkin karena masyarakat belum tau atau belum menyadari resiko akibat tinggal di daerah pesisir pantai, tiada kata terlambat untuk mengetahui pendidikan siaga Tsunami bagi warga pesisir walaupun peristiwa Tsunami sudah terjadi pada tahun yang lalu menelan korban banyak.

  12. Danu purwanto PNR Elektronika 07 (5215077529)

    Menurut saya pendidikan adalah hal yang terpenting untuk membantu para korban bencana tsunami tersebut, dan pendidikan yang palaing terpenting adalah pendidikan psikologi untuk mereka. dengan pendidikan psikologi tersebut para korban termasuk para anak-anak dapat terobati sisi kejiwaannya, dengan begitu dilanjutkan dengan pendidikam yang sewajarnya saja dan pendidikan tersebut dapat dilakukan di tenda-tenda darurat yang disediakan. menurut saya cara tersebut yang cukup baik untuk melaksanakan pendidikan untuk korban bencana Tsunami termasuk anak-anak.

  13. irfan mubarok pnr elektronik 07 [5215077548]

    “Sistem peringatan dini seperti yang diluncurkan di Indonesia, sudah diluncurkan lebih dulu di India dan Australia. Tapi sistem yang paling modern teknologinya ya yang ada di Indonesia,” kata Jan Sopaheluwakan, Ketua Kelompok Antarbangsa UNESCO untuk Sistem Peringatan Dini Tsunami Samudera Hindia.
    dengan demikian daerah rawan tsunamidapat selalu waspada dengan datangnya tsunami.
    pendidikan didaerah tersebut perlu diperhatikan dengan dibentuknya system pendidikan yang dapat mengacu pada kemajuan daerah tersebut maka dari itu baik pemerintah pusat ataupun pemda hrus ikut andil dalam menghadapi masalah yang pelik ini
    pemda setempat dan warga harus berstu untuk membangun lembaga-lembaga atau instansi yang dapat membantu meningkatkan mutu /kualitas pendidikan
    maka dengan sesuai prosedur akan dapat tercapai suatu mutu pendidikan yang layak.

  14. Imbas dari kemajuan masyarakat pelosok adalah masyarakat pesisi tertinggal jauh darinya, untuk itu masyarakat ini perlu diberdayakan, Secara nasional saat ini, 70 persen masyarakat pesisir yang tertinggal dari berbagai aspek berada di wilayah timur Indonesia, untuk itu, sementara sisanya tersebar diberbagai tempat di Indonesia. Ini sangat memprihatinkan. Bisa dilihat, saat ini masyarakat pesisir, baik dari segi pemberdayaan masyarakat, pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesejahteraan sangat tertinggal jauh dari masyarakat yang dulunya tinggal di pedalaman.
    Untuk itu, yang sangat diperlukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir adalah pertumbuhan ekonomi, bagaimana mencarikan jalan agar hasil lautnya bisa diolah dengan teknologi terkini sehingga terciptanya perkembangan ekonomi yang menjanjikan. Penciptaan SDM yang handal melalui sekolah dan pelatihan-pelatihan. Menciptakan akses pendidikan, kesehatan serta membuat bangsa pasar yang menjanjikan. Penguatan fiskal sehingga membangun infrastruktur yang memadai, dan menciptakan kelembagaan yang handal.

  15. Giyanto (5215077523) elka 07

    Menurut saya untuk megurangi banyaknya korban bencana akibat tsunami pemerintah perlu mengadakan peninjauan atau pendidikan siaga tsunami untuk warga pesisir, karena wilayah pesisir merupan wilayah yang paling rawan dan paling banyak menimbulkan korban meninggal., karena wilayah pesisir sangatlah dekat dengan laut dan juga karena bencana tsunami itu sendiri adalah bencana yang melalui medium air laut. Apabila pendidikan siaga tsunami bisa diterapkan pada warga pesisir tentunya ini sangatlah berguna demi keselamatan warga yang berada di pesisir tersebut Apalgi bila saja pendidikan siaga tsunami bisa di terapkan di bangku sekolah dasar pastinya akn jauh bermanfaat karena dari sinilah sutu ilmu dapat dengan mudah diserap karena otak anak-anak yang masih kecil akan lebih mudah menangkap apa yang akan di sampaikan oleh para pembimbing sehingga para pembimbinga akan jauh lebih mudah dalam menyampaikan pelajaran mereka. Kesimpulan dari semua diatas adalah suatu pencegahan dengan diadakan pendidikan siaga tsnami kepada warga di pesisir tentunya sangatlah membantu agar di kemudian hari banyaknya korban yang meninggal sia-sia akibat kurang tahunya mereka tentang bencana tsunami itu sendiri serta hal apa saja yang harus mereka perbuat apabila bencana itu memang benar-benar terjadi.

  16. HOTMA TIOAN SIMANJUNTAK 5215077543 PNR ELEKTRONIKA 07

    Dalam hal ini pemerintah harus serius dalam menanggulangi masalah tsunami.seperti halnya mempersiapkan peralatan atau alat pendeteksi datangnya tsunami didaerah daerah pesisir dan juga mensosialisakan kepada masyarakat peringatan dini tsunami untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan seperti yang terjadi di daerah aceh yang telah banyak meninggalkan tragedi yang tidak terlupan bagi mereka yang kena musibah.

  17. M.goeltom PNR elektronika s1 (521507758)

    Berbagai macam bencana di negeri kita ini mestinya apa yang harus dipikirkan oleh petinggi-petinggi kita ini,seharusnya sebelum tragedi tsunami yang terjadi di banda aceh para pakar-pakar ilmuwan sebenerya akan terpikirnya ke situ dengan mengadakan suatu penelitian-penelitian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak memungkinkan.tetapi apa yang kita lihat secara langsung dengan lewat berita Tv,koran,dan media lainya .akankah mereka (para petinggi)hanya berdiamsaja tanpa memperdulikan apa yang sebenarnya terjadi di negeri kita ini .dan mulailah kita bangkit dari ke bodohan ataupun kemiskinan yang telah kita lupa dari segala coba’an yang terjadi dijaman sekarang ini.karena negara kita ini negara yang sangat besar dan ynag paling luas di dunia dan berbagi bencana-bencana kita lewati .apakah yang patut kita lakukan untuk negeri tercinta kita ini mungkin alam yang di sekitar kita sudah tidak bersahabat atas perbuatan-perbutan yang kurang mendukung untuk negeri kita ini.

  18. aditya triantoro PNR Elektronika 07 (5215077538)

    Assalammualaikum Wr. Wb.
    Menurut pendapat saya,Memang sangat perlu adanya pendidikan kesiagaan tsunami di sekolah – sekolah dan masyarakat di daerah pesisir pantai barat sumatra. Karena pendidikan kesiagaan tsunami merupakan pendidikan yang mengajarkan pelatihan menghadapi tanda – tanda datangnya bahaya tsunami dan cara mencegahnya melalui rangkaian sosialisasi kesiagaan pembuatan posko siaga untuk semua orang yang membutuhkannya. Oleh karena itu, dengan adanya pendidikan kesiagaan tsunami, kemungkinan korban yang berjatuhan sangat kecil bila tsunami akan datang kembali.
    Wassalammualaikum Wr. Wb.

  19. Kita mengetahui, sekolah-sekolah di Aceh yang terimbas tsunami, bahkan yang tidak terkena pun, banyak dibangun oleh berbagai lembaga donor dari dalam dan luar negeri. Sedangkan sekolah-sekolah baru di tingkat sekolah dasar, jelas diperlukan.
    Pembangunan prasarana fisik tadi kita cermati sarat tender proyek. Dunia kontraktinglah yang banyak diuntungkan. Sementara dari pihak pendidik, tidak mengalami perubahan, baik dari segi keuangan maupun mutu guru.
    Untuk pelatihan guru-guru, ada baiknya pemerintah Aceh mesti jeli dalam memilih tutor. Jangan hanya mempertimbangkan tempat keberadaan luar Aceh. Jika di Aceh memang ada yang patut kita banggakan, sejatinya dimanfaatkan. Namun, bilamana memang mesti mengundang yang di luar Aceh, maka mesti penuh pertimbangan demi kesesuaian dan kualitas yang hendak dicapai.
    Di samping itu, skala prioritas perlu dibuat dan disepakati antara tiga institusi terkait, yakni Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), gubernur serta wakil, dan DPRA. Masukan-masukan dari kalangan pendidik pun patut didengar agar anggaran itu tepat guna dan tepat sasaran. Harus disinkronkan dengan kondisi Aceh hari ini.
    Strategi pendidikan dasar dan menengah harus jelas arah dan sasarannya agar kita tidak selalu tertinggal kereta api dengan daerah lain.

  20. Ade setiawan PNR Elektronika 07(52150775470

    Usaha kerjasama yang dilakukan pemerintah dengan kogami memang sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat disumatra barat,karena dengan adanya hal ini masyarakat bisa meminimalisasikan korban jika terjadi bencana Tsunami dan bencana – bencana lainya.Tetapi saya rasa hal ini perlu juga dilakukan didaerah – daerah lain yang ada diindonesia tidak hanya disumatra barat saja. jika pemerintah bisa melakukan hal ini didaerah-daerah lain tentu bisa sangat membantu jika terjadi bencana.

  21. FATHURACHMAN PNR Teknik Elektronika 2007

    Tidak dapat dipungkiri lagi, sampai saat ini kehidupan dan pengajaran masyarkat pesisir masih jauh tertinggal dari kehidupan perkotaan, bahkan juga jauh tertinggal dari daerah pedalaman hutan dan kurangnya guru-guru yang professional.Untuk itu, yang sangat diperlukan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir adalah pertumbuhan ekonomi, bagaimana mencarikan jalan agar hasil lautnya bisa diolah dengan dibantunya teknologi tercanggih saat ini dapat terciptanya perkembangan ekonomi yang memadai. Penciptaan SDM yang handal melalui sekolah dan pelatihan-pelatihan. Menciptakan akses pendidikan, kesehatan serta membuat bangsa pasar yang memadai. Penguatan fiskal sehingga membangun infrastruktur yang memadai, dan menciptakan kelembagaan yang handal dan professional.

  22. cut rahmi
    5215077552

    menurut saya seharusnya pemerintah dan lembaga-lembaga lainnya harus lebih memperhatikan dalam masalah pendidikan tidak hanya pada saat daerah tersebut terkena bencana baru pemerintah bertindak,tapi sebaiknya dari awalpun juga harus diperhatikan masalah-masalah yang sebenarnya dari dulu sudah memprihatinkan.

  23. Yulianto pnr (5215077536)

    Tsunami di Aceh memberikan pelajaran bagaimana Pemerintah dan masyarakat untuk berperan aktif menangulangi ketika terjadi tsunami.pendidikan siaga tsunami sangat perlu apalagi mereka yang tinggal di daerah pesisir,dan mungkin lebih baik lagi jika di sertai dengan pembuatan alat-alat yang di butuhkan ketika terjadi tsunami dan cara pemakaiannya.

  24. windy (5215070253)

    Saya sangat setuju dengan program yang diadakan Kogami, karena masyarakat indonesia terutama dibagian sumatra, masih sangat kurang mengerti tentang tsunami, jadi dengan diadakan program ini diharapkan masyarakat indonesia dapat mengerti tentang tsunami, bagaimana tsunami itu terjadi, apa akibatnya, dan bersiaga menghadapi tsunami.

  25. Fahmi Amran PNR S1 Elektronika 07 (5215077528)

    Assalammualaikum Wr. Wb
    Menurut pendapat saya,sangat setuju dengan adanya pendidikan sekolah tentang menghadapi tsunami di sekolah-sekolah dan daerah pesisir barat sumatra. Karena dengan adanya pendidikan seperti itu,bagaimana setiap anak sekolah dan warga pesisir dapat mengetahui cara mengetahui adanya tsunami dan bagaimana cara untuk menghindari bahaya tsunami itu.Oleh karena itu, dengan adanya pendidikan tsunami dari pemerintah kemungkinan korban yang berjatuhan sangat kecil bila tsunami datang kembali.

  26. Hafis Rizki R (5215077517) Pend. Teknik Elektronika

    Menurut pendapat saya,

    Sangat bagus dengan adanya program kogami di sekalah dan tempat umum lainnya, merupakan jalan keluar yang baik dan maksimal. Selain itu program ini dapat menambah pengetahuan tambahan bagi warga pesisir. Dan program ini dapat dijadikan contoh bagi warga pesisir lainnya sebagai alternative dalam menghadapi bencana alam yang kerap menjumpainya sewaktu-waktu.
    Kemudian program ini merupakan jalan keluar psikologis bagi anak dan masyarakat sekitar agar tidak merasa was-was dalam menghadapinya. Dan program ini dapat mengurangi angka kematian dan mengurangi pengangguran bagi warga daerah pesisir, lalu mempunyai emosi yang stabil dalam menghadapi bencana alam.

  27. AGUNG PRASETYO RINALDI

    AGUNG PRASETYO RINALDI
    5215077530
    PNRS1ELEKTRONIKA

    Mengenai Pendidikan Siaga Tsunami untuk Warga Pesisir, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan melakukan pendidikan siaga bencana bagi masyarakat. Pendidikan siaga bencana ini ditujukan kepada masyarakat, aparat, dan anak-anak sekolah. Pendidikan yang diberikan meliputi pengenalan terhadap tsunami serta ciri-cirinya. Kemudian juga diajarkan bagaimana melakukan evakuasi bila terjadi tsunami dan penentuan jalur evakuasinya. Pendidikan siaga bencana ini diharapkan bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bencana alam.

    Sebagai langkah awal, LIPI melakukan sosialisasi dengan menggelar Pameran Siaga Bencana Nasional kedu di Bali, akhir Desember nanti. Dalam pameran ini akan dilakukan simulasi sistem peringatan dini nasional dan evakuasi masyarakat saat terjadi gempa dan tsunami. Pendidikan ini didasarkan pada kondisi wilayah Indonesia yang merupakan daerah rawan gempa dan tsunami. Kejadian tsunami di Aceh dan Nias serta gempa di Yogyakarta memperlihatkan ketidaksiapan masyarakat dalam menghadapi bencana alam.

  28. Kurnia_E07(5215070249)

    Langkah Kogami dalam menangani masalah pendidikan anak daerah pesisir dan siaga tsunami untuk warga pesisir sangat tepat dan yang seharusnya lebih bertanggung jawab yaitu pemerintah terutama pejabat pemerintahan yang berada didaerah tersebut karena lebih mengetahui keadaan yang sebenarnya didaerah pesisir tersebut. Pemerintah juga harus menyiapkan sekolah cadangan bila terjadi tsunami didaerah pesisir dan pemerintah juga harus bersikap tanggap dalam menangani masalah tsunami didaerah pesisir. Pemerintah juga mengadakan penyuluhan tentang pentingnya siaga tsunami dengan mengadakan simulasi terjadinya tsunami dan apa saja antisipasi yang harus dilakukan warga sebelum terjadi tsunami. Dan bila terjadi tsunami warga sudah menyiapkan apa saja yang harus diselamatkan. Pemerintah juga seharusnya bekerja sama dengan pihak swasta ataupun LSM dalam menangani masalah pendidikan dan siaga tsunami di daerah pesisir. Pemerintah juga sudah menyediakan relawan seperti guru cadangan untuk menangani pendidikan anak didaerah pesisir pasca tsunami dan menyalurkan buku-buku dan seragam yang dibutuhkan oleh anak-anak korban tsunami.

  29. jan_elektro_5115072376

    Menurut pendapat saya, diskriminasi sangat bertentangan dengan peraturan yang mengatur HAM ( Hak Asasi Manusia ). Karena diskriminasi sama saja dengan melanggar HAM seseorang. Oleh karena itu peraturan perundangan sangat diperlukan untuk melindungi kaum minoritas, agar mereka mendapat apa yang kaum mayoritas dapatkan, seperti mendapatkan pendidikan yang layak. Yang dimana akhirnya seseorang dalam kaum minoritas tersebut dapat mengangkat derajat daerah minoritas tersebut.

  30. jan_elektro_5115072376

    Menurut saya apa yang telah kogami (komunitas siaga tsunami) lakukan sampai saat ini sangatlah membantu bagi daerah yang terkena tsunami seperti padang. Mereka menerapkan program yang dapat mencegah banyaknya jatuh korban bila terjadi bencana tsunami, seperti yang telah diterapkan di sekolah – sekolah di padang, mulai dari sekolah tingkat dasar sampai sekolah tingkat atas. Kogami juga memberikan pelatihan bagi pegawai pemerintah serta membuat posko – posko pada daerah – daerah rawan bencana tsunami. Semoga program yang dilakukan oleh kogami dapat berjalan dengan visi misi mereka.

  31. pendidikan siaga bencana (disaster education) di daerah sumatra secara umum bisa dikatakan masih sangat lemah sekali, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun oleh NGO-NGO lokal, termasuk oleh NGO internasional yang ditempatkan di Aceh. Pendidikan siaga bencana yang dilakukan di Aceh sifatnya masih terpisah-pisah atau sendiri-sendiri (sporadic). Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi (BRR) Aceh sebenarnya punya satu bidang yang fokusnya mengkaji tentang bagaimana memberikan pendidikan siaga bencana kepada masyarakat.

  32. sudah daerah pesisir, rawan bencana tsunami pula! ibarat peribahasa telur di ujung tanduk… tinggal masalah waktu kapan bencana tsunami itu akan datang. saatnya pencegahan dini untuk bencana ini harus di segerakan agar tidak terjadi lagi kejadian seperti di propinsi aceh yang menelan korban luka maupun meninggal jutaan jiwa… dalam hal ini pemerintah lokal maupun pusat harus menyusun rencana dan strategi guna memberikan pendidikan siaga untuk masyarakat yang tinggal di pesisir pantai serta diberikan suatu pelatihan di sekolah maupun di desa-desa, pemerintah tidak harus sendirian melakukannya bisa saja bekerja sama dengan LSM seperti Kogami dan lembaga sewadaya masyarakatlainnya ataupun pihak swasta karena semua pihak harus turut bahu membahu, dalam melakukan suatu kesiagaan terutama siaga dalam bencana tsunami…..

  33. Saya sangat setuju sekali bila anak-anak di daerah pesisir barat sumatera mendapatkan pendidikan kesiagaan bencana alam, khususnya dalam hal ini adalah bencana tsunami. Karena melalui pendidikan pada anak-anak di sekolah dapat lebih mudah dalam membantu mensosialisasikan rangkaian kegiatan kesiagaan tsunami pada masyarakat. Terutama bagi orang tua dan keluarga mereka , sehingga bila suatu saat bencana tsunami itu kembali terjadi tidak sampai memakan banyak korban jiwa. Mereka juga bias lebih siaga dalam menyelamatkan jiwa mereka, kleuarga mereka dan membantu menyelamatkan jiwa orang lain. Saya sangat mendukung sekali program ini tetapi sangat besar harapan saya, mudah-mudahan saja apa yang direncanakan oleh pemerintah daerah sumatera barat beserta kogami ini benar-benar dapat terealisasikan jangan sampai membuang-buang biaya yang percuma tanpa mendapatkan hasil yang maksimal. Karena lebih baik mencegah sebelum benar-benar terjadi.

  34. anggraEni_e07(5115072382)

    Saya sangat setuju sekali bila anak-anak di daerah pesisir barat sumatera mendapatkan pendidikan kesiagaan bencana alam, khususnya dalam hal ini adalah bencana tsunami. Karena melalui pendidikan pada anak-anak di sekolah dapat lebih mudah dalam membantu mensosialisasikan rangkaian kegiatan kesiagaan tsunami pada masyarakat. Terutama bagi orang tua dan keluarga mereka , sehingga bila suatu saat bencana tsunami itu kembali terjadi tidak sampai memakan banyak korban jiwa. Mereka juga bias lebih siaga dalam menyelamatkan jiwa mereka, kleuarga mereka dan membantu menyelamatkan jiwa orang lain. Saya sangat mendukung sekali program ini tetapi sangat besar harapan saya, mudah-mudahan saja apa yang direncanakan oleh pemerintah daerah sumatera barat beserta kogami ini benar-benar dapat terealisasikan jangan sampai membuang-buang biaya yang percuma tanpa mendapatkan hasil yang maksimal. Karena lebih baik mencegah sebelum benar-benar terjadi…

  35. menurut saya pendidikan siaga tsunami bagi warga pesisir itu sangat penting di negara Indonesia ini,seperti yang telah kita ketahui bahwa sebagian besar wilayah Indonesia dikelilingi oleh laut. Maka daerah pesisir ini mempunyai kemungkinan terhimbas bencana seperti tsunami,oleh karena itu pendidikan tersebut sangat membantu untuk mengetahiu dampak-dampak sebelum bencana tsunami itu terjadi.Sehingga dapat mengurangi jumlah korban, dan saya sangat berharap pemerintah mulai merealisasikan kegiatan ini dengan serius.

  36. wiwin kurniati E07

    saya setuju dengan adanya pendidikan siaga tsunami untuk warga daerah pesisir karena selain mendapatkan pelajaran yang semestinya, mereka juga mendapatkan pelajaran tentang bagaimana mengantisipasi bahaya tsunami jika terjadi lagi. sehingga mereka sudah mendapat bekal tentang bagaimana cara menyelamatkan diri mereka dan menyelamatkan keluarganya, dan mereka sudah dapat mengetahui tanda-tanda jika akan terjadi tsunami susulan.

  37. rinda _E07(5115072383)

    menurut saya program kogami ini sangat bagus karena dapat membantu pemerintah menangani masalah pendidikan di daerah pesisir yang menjadi korban tsunami. kenyataannya memang bencana tersebut mengakibatkan anak-anak tidak dapat melanjutkan kegiatan belajarnya di sekolah. untuk itu diharapkan dengan adanya kogami anak-anak korban tsunami ini dapat memperoleh dan meneruskan pendidikannya. dan pemerintah juga dapat membantu kogami agar pelaksanaannya dapat lancar dan berjalan terus…

  38. Warga yang ada di daerah pesisir pulau, khususnya yang pinggiran pantai perlu mendapat pendidikan tentang “SIAGA TSUNAMI”. Agar warga tersebut yang tinggal di daerah ini dapat bertindak cepat dan tepat ketika bencana TSUNAMI itu terjadi di daerah mereka tinggal. Hal sangat diperlukan mengingat bahwa sekarang ini keadaan bumi kita sudah sangat rawan dengan bencana alam. Apa yang telah dilakukan oleh KOGAMI harus mendapat dukungan dari pihak warga maupun pemerintah daerah agar korban akibat bencana alam dapat diminimalisir.

  39. verraseli_5115072394

    Pada kenyataannya pendidikan siaga untuk warga pesisir yang rawan bencana tsunami memang diperlukan. Sangat disayangkan jika anak-anak korban tsunami harus berhenti sekolah karena sekolah mereka rusak dan hancur. Saya sangat setuju dengan program yang diluncurkan oleh kogami dan saya harap semua pihak terutama masyarakat dapat ikut berperan serta dalam program ini.

  40. Hanto Sujatmiko_T.Elektro_5115072374

    Saya sangat setuju dengan pendidikan kesiagaan bencana khususnya tsunami yang akhir-akhir ini sering terjadi, karena sangat bermanfaat untuk masyarakat di daerah pesisir Indonesia. Dengan adanya pendidikan kesiagaan ini diharapkan warga masyarakat bisa terhindar dari bencana alam ini. Selain itu juga, saya setuju dengan dimasukannya program sekolah bencana di setiap sekolah-sekolah yang dianggap perlu untuk menindaklanjutinya, dan dimasukkan kedalam muatan lokal sekolah masing-masing. Diharapkan dengan mempelajarinya siswa mempunyai ilmu dan bekal untuk menanggulangi bencana jika sewaktu-waktu bencana alam ini terjadi, ini sangat bermanfaat, selain untuk siswa itu sendiri, bisa juga bermanfaat untuk masyarakat.

  41. arief neiriza_elektro_5115072377

    Saya sangat setuju dengan program yang dilakukan oleh KOGAMI ( Komunitas Siaga Tsunami ) yang sangat memperhatikan pendidikan anak – anak pesisir yang belum tentu di perhatikan oleh pemerintah daerah. Di harapkan banyak peran serta dari lembaga – lembaga kemasyarakatan yang lain agar lebih memperhatikan tingkat pendidikan anak pesisir. Sebenarnya mungkin banyak anak – anak yang cerdas dan berbakat dari pesisir, tetapi jarang bahkan tidak ada lembaga yang mensuport baik dari bahan bacaan maupun dari fasilitas. Sehingga anak pesisir yang belum sekolah bahkan yang terkena bencana tidak dapat merasakan pendidikan yang seharusnya mereka dapat kan pada usia – usia seperti mereka. Dan di harapkan semoga setelah peran serta KOGAMI, anak – anak pesisir dapat melanjutkan pendidikannya sehingga dapat membantu mereka di kehidupannya kelak. Sehingga tercipta anak – anak Indonesia yang cerdas dan berbakat.

  42. jayani ahmad (5115072381)

    menurut saya program pendidikan siaga Tsunami ini yang didalamnya ada sebuah pendiri dalam bangkit pola pikir pada anak – anak didik yang dinamakan kogami yang mana itu adalah sebuah lembaga non pemerintah yang memiliki program utama untuk mendidik masyarakat tentang bencana gempa bumi, tsunani, dan upaya untuk menyelamatkan diri dari bencana tersebut. lembaga ini perlu kita acungkan jempol karena keberanian serta kebijaksanaan terhadap anak – anak warga pesisir yang dapat mendidiknya serta memberikannya bekal ilmunya. namun tak ada yang tahu kalo Tsunami sewaktu – waktu datang hanya Tuhan YME-lah yang mengetahuinya maka saya pikir peran pemerintah setempat sekaligus pemerintah umum dapat kiranya bergegas tepat dan cepat dalam mengambil keputusan dalam kepeduliannya untuk memperoleh tempat yang selayaknya sehingga anak2 tersebut tidak dikejar dengan rasa ketakutan halnya tsunami.

  43. Muhammad Zikri Alim Lubis_5115072396

    Sangat menyenangkan dan nyaman memang jika kita berada di daerah yang kita kenal baik, begitu mungkin perasaan anak-anak pesisir dengan keseharian mereka. Pendidikan bagi anak pesisir ini cenderung mengadaptasikan dirinya dengan kondisi lingkungan yang ada di sekitar mereka, penambahan wawasan terhadap lingkungan alam daerah mereka akan memberikan dampak yang signifikan bagi produktifitas diri mereka untuk tetap memelihara, menjaga dan dapat mengelola secara intensif kekayaan alam mereka guna masa depan mereka.
    Pada daerah-daerah yang rawan terjadi bencana alam harus disediakan alternatif lain guna tanggap terhadap kondisi yang tidak memungkinkan. Melalui sosialisasi dan simulasi dalam menghadapi bencana alam yang bisa terjadi kapan saja.

  44. Saiful_5115072384

    Program pendidikan siaga tsunami memang sangat diperlukan di negara kita yang memang sebagian besar wilayahnya merupakan lautan. Saya sangat setuju dengan adanya program kerja ini, tetapi saya sangat berharap bahwa program kerja ini tidak hanya fokus pada bencana tsunami saja melainkan harus mencakup semua bencana. Misalnya gempa bumi, banjir tanah longsor dll yang memang akhir-akhir ini serina terjadi di negara kita.
    Program kerja dari kogami ini sangatlah membantu masyarakat. Dengan adanya program kerja seperti ini diharapkan pencegahan secara dini dapat dilakukan dan dapat mengurangi korban jiwa yang akan berjatuhan. Misalnya, setelah diberikan pendidikan kesiagaan bencana mereka akan lebih tenang dalam menghadapinya, akan lebih waspada menyikapinya dan juga akan dapat mengurangi kerugian-kerugian yang terjadi serta dapat menanggulanginya. Selain itu pendidikan seperti ini juga perlu diterapkan dan ditanamkan kepada seluruh mesyarakat agar dapat menjadi bekal bagi mereka bila sewaktu-waktu terjadi bencana. Oleh karena itu diperlukan peran semua pihak agar program-program lain yang serupa dapat terealisasi.

  45. Sugeng Hartanto_5115072395

    Menurut pendapat saya, pedidikan di daerah pesisir memang amat tertinggal. Hal ini disebabkan oleh faktor perekonomian yang rendah. Karena orang tua mereka yang hanya bekerja sebagai nelayan yang berpenghasilan biasanya tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Pemerintah yang terkait harusnya peka terhadap masalah social yang terjadi terhadap warganya. Dan dapat diupayakan untuk penberian sekolah gratis agar generasi bangsa kelak dapat memajukan kehidupan bangsa agar jauh lebih baik.

  46. Johan Paramita (5115072379)

    ini merupakan suatu langkah yang baik unutk mengantisipasibencana alam seperti tsunami.pemerintah memfokuskan diri unuk membangun gedung sekolah di daerah pesisir dengan model siaga bencana agar siswa guru pegawai dan masyarakat setempat tidak panik dan bisa mnyelamatkan diri dari bencana alam yang akan datang kapan saja dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

  47. Menurut saya, memang benar pendidikan memang harus diutamakan. Terlebih lagi pada tempat-tempat yang mengalami bencana alam. Walaupun mereka sedang dalam keadaan bagaimana pun, pendidikan bagi anak-anak di daerah tersebut harus tetap diusahakan tetap berjalan. Bayangkan bila suatu daerah terkena bencana, sedangkan sebentar lagi anak-anak tersebut akan menghadapi ujian kelulusan. Sudah barang pasti hal ini sangat disayangkan bila mereka tidak dapat mengikuti ujian tersebut. Selain itu, karena menurut saya hal ini sangat penting, jadi perhatian pendidikan harus juga dilakukan pada tempat-tempat lain yang terkena bencana alam, dan tidak hanya terfokus pada tempat-tempat yang mengalami bencana alam yang besar saja…

  48. Fajar B. Zm (5115072380) Elektro '07

    Lanhkah antisipatif yang di lakukan oleh LSM dan dinas pemerintah daerah di pesisir pantai utara sumatera perlu di contoh ol;eh semua instansi, bukan hanya karena program yang direncanakan, tetapi juga kepedulian dan sumbangsihnya terhadap pendidikan bagi daerah pesisir pantai yang terancam tsunami. Pendidikan siaga tsunami bagi warga pesisir adalah solusi yang tepat dalam menjalankan pendidikan walaupun daerahnya belum aman benar.
    Namun hendaknya program yang sudah bagus ini dijalankan secara terus menerus dan diberikan perhatian yang serius dari pemerintah agar pendidikan tetap berjalan. Walaupun pendidikan yang diajarkan mancakup muatan lokal dan mata pelajaran biasa, diharapkan ini memberikan efek yua gpositif bagu peerkembangan dunia pendidikan yang ada disana. Pemerintah harus pro aktif dalam membimbing dan mengawasi jalanya program tersebut, dan tentu juga memberikan apa-apa yang diperlukan untuk menjalankan program tersebut. Saya optimis jika terjalin kerja sama yang baik dalam menganntisipasi tsunami, terlebih lagi bagi pendidikan siaga tsunami untuk waerga pesisir, akan terbentuk pola pendidikan yang baik di daerah. Respon masyarakat terhadap pemerintah juga akan membaik.

  49. achmad maulana TE07

    pendidikan siaga tsunami memang sangat dibutuhkan oleh warga pesisir yang tempat tinggalnya terancam terkena musibah tsunami. pendidikan siaga tsunami ini memang harus diperbanyak di wilayah pesisir di dindonesia ini, apalagi garis pantai di indonesia ini sangat panjang. pendidikan ini akan sangat berguna bagi masyarakat pesisir, mereka akan mengetahui bagaimana cara mengantisipasi jika ada tsunami yang datang.
    selain itu, masyarakat yang masi terkena dampak akibat tsunami misalnya dampak psikologis, itu harus segera ditangani misalnya dengan cara terapi.

  50. Terimakasih kepada pendidikanlayanankhusus.wordpress.com yang telah memuat berita tentang launching program KOGAMI untuk tiga tahun ke depan.
    Terimakasih juga kepada semua rekan-rekan yang telah memberikan masukan yang sangat berharga.
    Untuk kurikulum muatan lokal siaga bencana, KOGAMI telah sampai pada tahap pelatihan guru untuk pembuatan silabus. Untuk tahap awal, uji coba kurikulum akan dilakukan pada 12 sekolah di kota Padang

    http://www.detiknews.com/read/2008/12/17/132427/1055104/10/12-sekolah-di-padang-jadi-pilot-project-kurikulum-siaga-bencana

    Penyusunan kurikulum ini sendiri melibatkan tim ahli yang berasal dari Pusat Studi Bencana (PSB) Unand, Universitas Negeri Padang (UNP), Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dan Dinas Pendidikan Sumbar& Kota Padang. Proses penyempurnaan kurikulum telah dilakukan dengan menghimpun masukan dari guru-guru dan kepala sekolah yang berada di pesisir pantai.

    Kurikulum dan pendidikan kebencanaan di sekolah diharapkan bisa menjaga rantai informasi tentang sejarah dan potensi bencana yang ada pada sebuah daerah terutama untuk bencana-bencana yang mengalami masa pengulangan yang sangat lama, seperti gempabumi dan tsunami.

    Belajar dari Pulau Simeulue yang berhasil membudayakan kebijakan lokal tentang cerita smong (tsunami) 2007, maka kota Padang mengujicoba metoda pendidikan kesiagaan bencana melalui kurikulum muatan lokal yang diintegrasikan dengan modul sekolah siaga bencana yang telah disusun oleh KOGAMI. Diharapkan pada setiap sekolah nantinya akan ada Komite Sekolah Siaga Bencana (KSBS) yang bertanggungjawab untuk memperbaharui rencana kesiagaan di sekolah masing-masing.

    Dengan dukungan dari UNESCO-ISDR, KOGAMI sedang membuat wilayah percontohan siaga bencana di kota Padang , tepatnya Kelurahan Parupuk Tabing ; RW09 dan RW 17 serta 12 sekolah uji coba kurikulum muatan lokal.

    Sementara pada Januari 2009 – Juli 2010, dengan dukungan dari Mercycorps Indonesia – USAID dan Boeing, KOGAMI akan membangun ketahanan masyarakat terhadap bencana di Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk itu, KOGAMI mengharapkan dukungan dari semua pihak.

    Terimakasih dan wassalam
    Patra Rina Dewi
    Direktur Eksekutif KOGAMI
    http://kogami.or.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s