Sekolah untuk Anak TKI akan Dibangun di Kinabalu

 

Direktur Jenderal Manejemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Suyanto, menyatakan Indonesia akan segera membangun sekolah Indonesia di Kota Kinabalu Malaysia. “Untuk sementara sekolah menyewa enam ruangan di sebuah rumah toko,” kata Suyanto di Departemen Pendidikan Nasional, Rabu (17/9). Sekolah sementara tersebut direncanakan menampung sebanyak 170 siswa anak tenaga kerja Indonesia yang berdomisili di sekitar Kota Kinabalu.

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Dai Bachtiar, dalam kesempatan yang sama mengatakan, Kedutaan sudah menyeleksi 500 anak untuk masuk di sekolah tersebut, tapi hanya hanya 170 anak yang lulus. “Sisanya terkendala masalah umur (berlebih),” kata Dai Bachtiar.

Dai menyatakan, Kedutaan memperkirakan jumlah anak TKI di Malaysia saat ini mencapai 24 ribu orang. Jumlah ini berbeda dengan perhitungan Asosiasi Pekerja Perkebunan TKI yang mencapai 34 ribu anak, taksiran Lembaga Swadaya Masyarakat Humana asal Filipina yang memperkirakan ada 30 ribu anak.

 

 

Reh Atemalem Susanti

TEMPO Interaktif Rabu, 17 September 2008

Iklan

46 responses to “Sekolah untuk Anak TKI akan Dibangun di Kinabalu

  1. Jaka Mulyadi PNR Elektronika 07 (5215077524)

    Membangun sekolah di negeri orang merupakan suatu cara yang baik untuk memberikan pendidikan bagi anak-anak TKI kita yang sedang berjuang dan berusaha di negeri orang, dan kita berharap tidak hanya di satu Negara dan satu tempat saja membangun sekolah tersebut, karena TKI kita tidak hanya di satu Negara saja.
    Tapi ada sedikit yang menggelitik saya, kenapa harus di negeri orang? Kenapa di negeri kita sendiri, di daerah yang terpencil dan jauh dari kota tidak dibuatkan sekolah, dan tidak tersentuh sama sekali oleh departemen pendidikan, padahal di daerah tersebut banyak juga anak-anak yang membutuhkan pendidikan. Atau janganlah membuatkan sekolah, tetapi sekedar memberi perhatian pada anak-anak yang membutuhkan pendidikan, janganlah di daerah dulu, tapi di kota-kota besarpun banyak anak-anak yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah, sehingga mereka hanya bisa berkeliaran di jalanan saja. Padahal Negara telah mengatur dalam UUD yang menyatakan bahwa ana-anak terlantar dan fakir miskin di tanggung oleh Negara, kemudian mengenai hak pendidikan Negara juga menjamin dengan UUD yang menyebutkan bahwa setiap warga Negara berhak atas pendidikan yang layak.
    Marilah kita renungkan, membangun sekolah di Negara orang memang perlu juga, tapi penuhilah dulu kebutuhan pendidikan di Negara kita sendiri, minimal memeratakan dulu pendidikan di seluruh daerah di Indonesia.
    Alangkah baiknya ketika seleruh daerah di Indonesia telah tersentuh oleh pemerintah dalam hal pemerataan pendidikan.

  2. YUDHA DHARMAWAN

    5215077539
    PNR ELEKTRONIKA 07
    UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA Yang dapat saya simpulkan

    1.upaya memperoleh pendidikan dan penyelenggaraan harus diusahakan dimanapun dan kapanpun.walaupun dalam kondisi yang serba kekurangan
    2.kita seharusnya tidak hanya mengandalkan pemerintah dalam upaya penyelenggaran pendidikan di suatu tmpt.tetapi kesadaran diri sendiri untuk membantu penyelenggaraan pendidikan
    3.memberikan motivasi dan dukungan kpd anak tki agar mau melanjutkan pendidikannya
    4.mulailah membantu mereka dari sekarang mulai hal kecil diantaranya menyumbang buku.
    …jadi peran serta semua pihak turut ambil bagian dalam menyelenggarakan pendidikan di kanibalu malaysia

  3. YUDHA DHARMAWAN

    5215077539
    PNR ELEKTRONIKA 07
    UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

    Yang dapat saya simpulkan

    1.upaya memperoleh pendidikan dan penyelenggaraan harus diusahakan dimanapun dan kapanpun.walaupun dalam kondisi yang serba kekurangan
    2.kita seharusnya tidak hanya mengandalkan pemerintah dalam upaya penyelenggaran pendidikan di suatu tmpt.tetapi kesadaran diri sendiri untuk membantu penyelenggaraan pendidikan
    3.memberikan motivasi dan dukungan kpd anak tki agar mau melanjutkan pendidikannya
    4.mulailah membantu mereka dari sekarang mulai hal kecil diantaranya menyumbang buku.
    …jadi peran serta semua pihak turut ambil bagian dalam menyelenggarakan pendidikan di kanibalu malaysia

  4. niwan PNR elka 07 5215077537

    Pemerintah akn mendirikan sekolah di Kinibalu itu adlah tindakan pemerintah yang baik , tetapi masih banyak sekolah-sekolash didaerah terpencil di indonesia yang keadaannya masih sangat memprihatinkan dan membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah.Memang benar anak-anak TKI yang di Malaysia juga harus di perhatikan. Walau bagaimanapun mereka masih tetap warga Indonesia yang mempunyai hak akan pendidikan. Dengan pendidikan mereka akan di cetak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Jika Indonesia mempunyai SDM yang berkualitas dapat merubah keadaan masyarakat yang lebih baik, dan apabila negara lain membutuhkan tenaga kerja yang ahli maka akan di bayar mahal karena tidak hanya mengandalkan otot tetapi otak.

  5. yudha dharmawan
    pnr s1 elektronika unj
    5215077539
    menjadi tki di luar negeri memang bukan merupakan sebuah pilihan.oleh karna itu bukan alasan anak tki tidak mendapat pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan bagi anak anak tki dapat dilakukan dengan berbagai cara
    1.menyelenggarakan pendidikan non formal dengan cara mendirikan kursus ketrampilan atau pengetahuan di suatu bidang pekerjaanyang dapat membantu mereka sebagai bekal hidup contohnya kursus menjahit,cara bercocok tanam
    2.menyelenggarakan pendidikan formal dengan cara mendirikan sekolah.pendidikan sekolah ini juga dapat membantu anak anak di daerah perbatasan yang ingin melnjutkan pendidikanya dan ingin masa depannya lebih baik dari orang tuanya.

    jika departemen pendidikan belum mampu menyelenggarakannya maka warga masyarakat daerah sekitar atau kita sebagai sesama manusiamempunyai pengetahuan lebih berhak mendirikan suatu lembaga pendidikan tentunya dengan kerjasama pemerintah di sekitar.

  6. yudha dharmawan pnr elektronika unj 07 5215077539

    dari artikel diatas saya ingin menambahkan .mengeyam pendidikan saat ini mungkin menjadi hal yang sulit bagi mereka yang tingggal di tempat terpencil .namun mereka anak anak tersebut berhak mengenyam pendidikan walaupun dalam lingkungan sekumuh atau terpencil.dalam hal ini saya setuju sekali dengan pendirian sekolah di kinabalu.mungkin dengan pendirian sekolah ini bisa menjadi motifasi untuk daerah lain yang ingin melanjutkan pendidikannya.sebagai mana yang telah di atur dalam UUD bahwa setiap warga negara berhak mendapat pengajaran dan pekerjaan yang layak.disini dapat kita simpulkan bahwa setiap warga indonesia yang tinggal dimanapun berhak untuk menerima pendidikan baik formal atau non formal.

  7. Nama : Ramadani Arifin
    No Reg : 5215 08 5055
    Program : Non regular

    Komentar Tentang “Pendidikan Anak Perbatasan Negara”

    Menurut saya, langkah pemerintah sudah benar. Tapi masih ada yang kurang, saran saya, pendidikan tak mengenal umum/usia. Karena dengan ilmu, manusiaakan lebih positif dan bisa menggali potensi atau bakat pada dirinya. Dan bisa menaikkan derajat manusia lebih tinggi serta mengurangi jumlah TKI yang ada di perbagai Negara. Dan sebaiknya sekolah itu mendapatkan suaka dari organisasi PBB, seperti UNICEF dan UNESCO. Untuk menghindari hal-hal- yang tidak diinginkan. Dan kalau bisa membuat sekolah bertaraf internasional. Agar Negara tersebut sekolah ke tempat kita demi terciptanya kerjasama bilateral yang erat dengan perdamaian.

  8. Eko budiono PNR Elektronika 07 ( 5215077520)

    Setelah saya membaca artikel yang tertulis diatas saya membayangkan pasti akan sangat berguna sekali bagi anak para TKI di Malaysia yang ingin memperoleh pendidikan tanpa susah payah mengurus persyaratan tertentu untuk bisa bersekolah di negara orang tersebut , karena dengan dibangunnya sekolah di kota kinabalu Malaysia tentunya akan mempermudah para anak TKI yang bekerja di Malaysia untuk ikut bergabung menjadi siswa sekolah tersebut tanpa persyaratan yang berbelit-belit. Hal ini memang patut dilakukan pemerintah negara Idonesia mengingat para TKI merupakan salahsatu penyumbang terbesar devisa negara Indonesia jadi selayaknya anaknya patut untuk mendapatka penghargaan berupa tempat untuk mereka bersekolah dan untuk memperoleh pendidikan yang layak. Namun alangkah baiknya apabila Kedutaan Indonesia yang berada di Malaysia tidak mempersulit masuknya para siswa baru hanya karena umur itu semua karena setiap warga indonesia berhak mendapatkan pendidikan tanpa faktor umur, karena umur tidaklah berpengaruh pada niat seseorang untuk belajar.

  9. FATHURACHMAN PNR Teknik Elektronika 07

    saya sangat mendukung dengan artikel ini yaitu membangun sekolah untuk tki. karena membangun sekolah untuk tki dapat membantu pendidikan anak-anak menambah maju dan juga untuk kerjasama diantara negeri orang dan negeri indonesia.
    tetapi sangat disayangkan kenapa membangun sekolah di negeri orang.kenapa tidak di negeri kita dulu.hanya orang-orang yang mampu dan yang tinggi jabatanya bisa bersekolah di negeri orang, hingga bisa melanjutkan sekolah yang lebih tinggi.janganlah membuatkan sekolah, tetapi sekedar memberi perhatian pada anak-anak yang membutuhkan pendidikan, janganlah di daerah dulu, tapi di kota-kota besarpun banyak anak-anak yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah, karena biaya sekolah yang cukup tinggi sehingga mereka hanya bisa berkeliaran di jalanan saja.

  10. Redi Hermawan
    5215077541
    PNR Teknik Elektronika

    apakah pembangunan sekolah tersebut bisa berjalan dengan lancar dan apakah kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut bisa berjalan???? karena menurut saya permasalahan anak-anak TKI sangat rumit. Mulai dari sulitnya mendata anak-anak TKI yang tersebar di daerah perkebunan serta sulitnya mencari lokasi sekolah karena terkait dengan izin dari negara yang bersangkutan.saya merasa prihatin karena selama ini anak-anak TKI di Kota Kinabalu dalam mengenyam pendidikan ditangani oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berasal dari negara lain. Namun pendidikan yang diberikan tersebut tidak sesuai dengan pendidikan nasional.

  11. Haris Triyono PNR elka 07 ( 5215077522)

    Sungguh memperihatinkan sekolah untuk para anak TKI di Malaysia mengapa begitu sulit untuk memperoleh pendidikan di Malaysia, mengapa perlu di bedakan antara anak Indonesia dan anak Malaysia, bukannya lebih mudah bila dijadikan satu atau disamakan sekolah anak Malaysia dengan anak Indonesia, jadi tidak perlu lagi adanya perbedaan bahwa dia anak Indonesia atau dia anak Malaysia.

  12. Danu purwanto PNR Elektronika 07 (5215077529)

    Negara kita termasuk negara yang mengirim begitu banyak TKI ke negara lain, termasuk ke Malaysia dan negara-negara tetangga dan negara lainnya, para TKI terutama yang wanita yang sedang bekerja di negara lain dan memiliki anak yang harusnya sekolah, pemerintah membangun sekolah perbatasan yang dibangun di Kinabalu, maskipun baru memakai gedung sewaaan tetapi menurut saya cara ini adalah cara yang terbaik untuk membantu para TKI TKI kita yang bekerja di malaysia. pendapat saya mohon rancanganini dapat terus ditingkatkan bukan hanya yang di malaysia tetapi uang berada disingapur dan negara-negara lainnya.

  13. M.goeltom PNR elektronika s1 (521507758)

    negara kita ini adalah negara yang paling terkenal di seluru dunia dan bahkan juga penduduk-penduduk indonesia sebagian pergi ke negeri luar untuk mencari ilmu pendidikan yang lebih tinggi,inilah suatu pertanyaan buat kita semua ,misalkan saja kita ,mendirikan suatu lembaga pendidikan yang berbasisis internal maupun eksternal mustahil tidak akan ada satu pun penduduk negara kita inijauh jauh ke negeri luar hanya untuk mencari ilmi atau bersekolah.akan tetapi kalau kita tinjau seperti saat ini memang kita sadari bahwa pendidikan di negeri kita ini sangat-dan sangatlah rendah kpsitasnya di bandingkan dengan negara-negara tetangga .kita tidak usah jauh-jauh kit melihat secara relita yang konkrit dengan sehubungn dengan adanya teknologi saperti sekarang ini. tidak ada di negara kita ini yang bisa mengadakan suatu teknologi yang belum negara lain pikirkan.semuanya teknologi yang kita peke sekarang ini dalah teknologo punya negara lain,inilah kita lihat secara realita dengan konkrit,

  14. Nama : Wawan sari
    No.reg : 5215077534
    PNR S1 Elektronika 07

    Menurut saya, dengan dibangunnya sekolah tersebut akan sangat membantu para TKI. Karena dapat membantu meningkatkan pendidikan bagi anak-anak TKI. Namun pemerintah harus lebih meningkatkan pembangunan gedung-gedung sekolah. Kemudian pemerintah juga harus menambah tenaga pengajar untuk mengajar disana. Karena masih banyak anak-anak yang tenaga kerja Indonesia di Malaysia yang belum bisa menikmati pendidikan yang layak. berdasarkan data masih ada 30 ribuan anak tki yang belum memperoleh pendidikan yang layak. Anak-anak yang sehari-hari terpaksa harus ikut bekerja membantu orangtuanya. Kemudian ada pula anak-anak yang tidak dapat mengikuti sekolah formal karena faktor usia, pemerintah harus memberikan pelayanan pendidikan nonformal kepada anak-anak tersebut.

  15. aditya triantoro PNR Elektronika 07 (5215077538)

    Assalammualaikum Wr. Wb.
    Menurut pendapat saya, Sangat setuju pemerintah ingin mendirikan sekolah untuk anak tenaga kerja Indonesia di Kinabalu, Malaysia. Namun sebaiknya sekolah yang ingin didirikannya itu di tambah lagi sekolahnya atau di perluas lagi daya tampung siswanya . Karena banyak anak tenaga kerja Indonesia yang memerlukan pendidikan yang dekat dengan tempat tinggalnya. Dengan di perluas daya tampung sekolah yang ingin didirikan, maka kemungkinan tidak ada lagi anak tenaga kerja Indonesia yang tidak mendapatkan pendidikan didaerah tempat tinggalnya.
    Wassalammualaikum Wr. Wb.

  16. Ade setiawan PNR Elektronika 07(52150775470

    Pembangunan sekolah dikanabalu yang dilakukan pemerintah untuk anak TKI ini sangat bagus sekali,jadi anak-anak TKI yang ada diluat negeri bisa mengecam pendidikan dan tidak perlu terlalu jauh untuk pergi sekolah. Walaupun saya sendiri tidak tahu yang menjadi permasalahanya kenapa pemerintah membuat sekolah disana. tetapi paling tidak pemerintah sudah mempunyai perhatian terhadap warga indonesia yang ada disana.

  17. FATHURACHMAN PNR Teknik Elektronika 2007

    Peningkatan pendidikan bagi anak-anak TKI menjadi kepedulian kedua pihak, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan kedua negara. untuk meningkatkan pendidikan bagi anak-anak TKI di perbatasan oleh kedua negara ditandai dengan pendirian sarana prasarana sekolah yang dibantu oleh pemerintah Malaysia dan penyediaan tenaga pengajar oleh Indonesia.

  18. Asep Syaefudin PNR S1 ELKA 07 (5215077531)

    Mengenai nasib anak didik yang berada di wilayah perbatasan Nunukan, misalnya di Kecamatan Sebatik dan Krayan, hingga kini masih diperjuangkan. Pasalnya, infrastruktur pendidikan di wilayah perbatasan itu tergolong memprihatinkan, sehingga banyak masyarakat tidak mendapat pendidikan yang memadai.Selama ini memang pemerintah pusat belum menyikapi serius persoalan yang menimpa warga Indonesia yang mengadu nasib di Malaysia. Kendati status orangtua legal, namun yang menjadi hambatan adalah anak usia sekolah tidak diperbolehkan masuk ke sekolah pemerintah Malaysia. Padahal mereka itu adalah pahlawan devisa. “Inilah yang akan kami sampaikan ke Mendiknas dan Menlu, terkait masa depan anak-anak di sana. Dalam waktu dekat, masalah ini segera kita bahas,” janjinya.(bir/kpnn)

  19. Yulianto pnr (5215077536)

    Tenaga kerja Indonesia adalah warga Indonesia dan anak anak merekapun adalah generasi bangsa,hanya tempatnya lah yang berbeda.Sepatutnya lah mereka juga di berikan hak yang sama seperti kita yang tinggal di tanah air.Semoga pemerintah tidak lama-lama lagi dan segera membangun sekolah untuk anak-anak TKI di malaysia,agar mereka bisa menikmati pendidikan.Dan semestinya sekolah untuk anak-anak TKI tidak di pungut biaya/gratis.

  20. windy (5215070253)

    Mengapa hanya sedikit yang diterima untuk bersekolah? Padahal anak-anak dari TKI tersebut sangat membutuhkan pendidikan dan jumlah mereka sangat banyak, kalau bukan pemerintah indonesia yang membuka sekolah, siapa lagi? Dan sisa dari 30 ribu anak tersebut akan bersekolah dimana? Dan semoga pemerintah indonesia lebih memikirkan tentang pendidikan.

  21. irfan mubarok PNR elka07 (5215077548)

    “Peningkatan pendidikan bagi anak-anak TKI menjadi kepedulian kita bersama, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat indonesia umumnya dan kinabalu khususnya

    komitmen untuk meningkatkan pendidikan bagi anak-anak TKI ditandai dengan pendirian sarana prasarana sekolah oleh pemerintah Malaysia dan penyediaan tenaga pengajar oleh Indonesia.
    pemerintah harus selalu waspada dengan sesuatu hal yang dapat menghambat proses pembangunan fasilitas pendidikan di daerah tersebut

  22. fahmi amran pnr elektronika s1 07

    menurut saya,indonesia perlu membangun sekolah untuk tki dapat membantu pendidikan anak-anak menambah maju dan juga untuk kerjasama diantara negeri orang,jadi anak-anak TKI yang ada diluat negeri bisa mengecam pendidikan dan tidak perlu terlalu jauh untuk pergi sekolah karena dengan dibangunnya sekolah di kota kinabalu Malaysia tentunya akan mempermudah para anak TKI yang bekerja di Malaysia untuk ikut bergabung menjadi siswa sekolah tersebut tanpa persyaratan yang berbelit-belit. Hal ini memang patut dilakukan pemerintah negara Idonesia mengingat para TKI merupakan salahsatu penyumbang terbesar devisa negara Indonesia jadi selayaknya anaknya patut untuk mendapatkan penghargaan berupa tempat untuk mereka bersekolah dan untuk memperoleh pendidikan yang layak.Semoga pemerintah tidak lama-lama lagi dan segera membangun sekolah untuk anak-anak TKI di malaysia,agar mereka bisa menikmati pendidikan.

  23. AGUNG PRASETYO RINALDI

    AGUNG PRASETYO RINALDI
    5215077530
    PNRS1 ELEKRTONIKA 07

    Banyak 36.000 anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara bagian Sabah, Malaysia terlantar pendidikannya, karena kebijakan pemerintah Malaysia melarang anak-anak tersebut bersekolah di sana.
    Akibatnya, anak-anak TKI tersebut tidak memperoleh pelayanan pendidikan dari sekolah-sekolah kerajaan di Malaysia.
    Salah satu solusi terbaik dari hasil kesepakatan bersama adalah dengan mendatangkan guru dari Indonesia untuk mengajar anak-anak para TKI.
    Dalam kaitan ini, Mendiknas, Bambang Sudibyo, menyambut baik langkah kongkrit tersebut sebagai bagian dari penyelesaian masalah pendidikan bagi anak-anak para TKI di Malaysia.
    “Pemerintah Indonesia sangat serius menyelesaikan masalah ini karena kita ingin memberikan pendidikan yang baik sebagai bagian dari hak asasi manusia untuk mendapatkan pendidikan”.

  24. Lingga Trihasta S PNR ELEKTRONIKA (5215077546)

    Assalamualaikum

    Mungkin ini salah satu kabar gembira untuk para TKI yang berada di kinabalu (MALAYSIA),Walaupun mereka berada di negeri seberang tetapi mereka tetap mendapatkan pendidikan yang layak sebagai warga negara Indonesia dan alangkah lebih baiknya lagi apabila pemarintah terus melakukan program pemerataan pandidikan di negeri kita ini.Mungkin dengan di adakan nya program ini secara terus menerus maka negeri kita pun akan terbebas dari kebodohan.

  25. Kurnia_E07(5215070249)

    Pemerintah dalam mengatasi pendidikan anak perbatasan negara harus membuat sekolah terbuka yang dapat memberikan pendidikan tanpa dibatasi pada umur-umur tertentu karena setiap anak mempunyai hak untuk memperolah pendidikan yang layak. Perintah juga dapat memberikan beasiswa pada anak yang kurang mampu dan memberikan beasiswa kepada anak yang berprestasi. Pemerintah juga harus benar-benar mendata berapa anak perbatasan negara yang membutuhkan pendidikan dan memberikan fasilitas yang layak untuk mereka, supaya mereka dapat belajar dengan baik seperti anak-anak pada kota-kota besar.

  26. jan_elektro_5115072376

    Menurut saya, apa yang telah dilakukan oleh Direktur Jenderal Manejemen Pendidikan Dasar dan Menengah sangatlah tepat, hal ini dikarenakan banyaknya anak – anak dari TKI yang bekerja di Malaysia, terutama kota kinabalu. Sehingga hal ini harus segera diatasi karena bagaimanapun juga mereka adalah Warga Negara Indonesia, yang dimana harus diperhatikan dalam segi pendidikan.

  27. Peningkatan pendidikan bagi anak-anak TKI menjadi kepedulian kedua pihak, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan kedua negara

  28. Untuk anak TKI yang ada di daerah perbatasan sebuah negara, pendidikan sulit didapat karena kurangnya perhatian dari pemerintah negaranya sendiri. Seharusnya pemerintah membangun kerja sama yang baik dengan negara tetangga dalam hal PENDIDIKAN.Karena pendidikan anak TKI,merupakan tanggung jawab pemerintah agar pendidikan dapat merata di seluruh wilayahnya. Selain itu pemerintah juga harus membangun fasilitas penunjang kegiatan belajar, agar anak-anak ini tidak tertinggal dalam informasi dengan anak-anak yang ada di sekitar daerah pusat pemerintahan.

  29. anggraEni_e07(5115072382)

    Dengan dibangunnya sekolah untuk anak perbatasan kinabalu, pemerintah telah dapat mewujudkan sebuah program pendidikan yang baik bagi anak TKI di Malaysia. Karena kebanyakkan dari anak2 ini pendidikannya terlantar hanya karena orang tua mereka sibuk bekerja untuk memperbaiki perekonomian kelurga. Apalagi anak2 ini tinggal dalam sebuah kebudayaan yang serupa tetapi tidak sama dengan jati diri kebudayaan bangsa Indonesia itu sendiri, jadi dibutuhkan sebuah program pendidikan yang tidak hanya mengembangkan potensi mereka dalam skill dan berpikir, tetapi juga meningkatkan rasa nasionalisme pada Negara tercinta mereka, Indonesia.

  30. saya sangat mendukung kegiatan pemerintah untuk membangun sekolah bagi anak tki di malaysia, karena walupun mereka nak seorang tki dan tinggal dinegara orang mereka tetap berhak mendapatkan perhatian dari pemerintah indonesia karena mereka masih termasuk WNI,sehingga mereka dapat mengetahui tantang negaranya sendiri.

  31. wiwin kurniati E07

    saya tidak setuju dengan adanya seleksi untuk anak yang berumur lebih karena anak yang berumur lebih juga ingin bersekolah, mengapa tidak diperbolehkan? mungkin anak-anak yang berumur lebih itu mempunyai pendapat mengapa mereka tidak bersekolah pada waktu umurnya masih muda? mungkin karena waktu itu belum adanya sekolah untuk anak TKI yang dekat dengan tempat mereka bekerja. Harapan saya jangan dibeda-bedakan antara anak yang muda dengan anak yang berumur lebih, mereka juga kan ingin mendapatkan pendidikan yang layak.

  32. rinda _E07(5115072383)

    menurut saya sangat bagus mendirikan sekolah buat anak-anak indonesia yang bekerja di malaysia. dengan adanya sekolah tersebut anak-anak itu dapat meneruskan pendidikannya dan mengembangkan potensinya dengan upaya meningkatkan kesejahteraan anak-anak itu…

  33. verraseli_5115072394

    Saya sangat setuju jika di daerah perbatasan negara Indonesia dengan negara lain dibangun beberapa sekolah, sehingga anak-anak Indonesia memperoleh haknya yaitu belajar. Faktanya hal itu sangat sulit untuk terealisasi, oleh sebab itu hendaknya pemerintah bersama masyarakat sekitar peduli dengan hal ini.

  34. Hanto Sujatmiko_T.Elektro_5115072374

    Saya sangat setuju dengan rencana Direktur Jenderal Manejemen Pendidikan Dasar dan Menengah untuk membangun sekolah untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Dengan dibangunnya gedung sekolah di negara Malaysia, diharapkan para TKI yang bekerja di Malaysia atau dimana saja bisa mengenyam pendidikan dari negara asalnya, untuk membekali mereka bekerja sesuai dengan bidangnya. Selain itu juga, dengan dibangunnya gedung sekolah ini diharapkan bisa menjalin kerjasama dan silaturahmi antar warga negaranya dan warga negara tetangga pada umumnya. Yang perlu kita ingat , walaupun kita tidak berada di negara kita sendiri, kita berhak mendapat pendidikan dari negara asal kita.

  35. arief neiriza_elektro_5115072377

    Saya sangat setuju dengan program yang di berikan oleh pemerintah untuk menyekolahkan anak – anak para TKI yang bekerja dekat dengan Indonesia. Karena mungkin saja anak tersebut tidak akan sekolah karena kesibukan orang tua mereka bekerja sebagai TKI. Peran serta aktif dari pemerintah dengan kerja sama bilateral antara ke dua Negara tersebut. Sehingga anak – anak tersebut tidak terabaikan pendidikannya. Karena anak – anak itu merupakan aset yang berharga bagi suatu Negara. Semoga seiring berjalannya waktu, sekolah – sekolah tempat dimana anak – anak pekerja TKI mendapatkan pendidikan yang layak. Sehingga mereka tidak hidup dalam kebodohan lagi.

  36. jayani ahmad (5115072381)

    melihat kemajuan dalam bidang pendidikan baik di negara sendiri maupun negara lain dimana program rencana yang dilakukan oleh Direktur Jenderal Manejemen Pendidikan Dasar dan Menengah untuk membangun sekolah kepada Tenaga Kerja Indonesia (TKI)cukup baik namun dibalik peran pemerintah ini timbul sebuah pertanyaan pada diri saya yakni mengapa pemerintah membangun dinegara lain yang semestinya bisa dilakukan terlebih dahulu di negara INDONESIA dan selain itu semua syarat pasti melihat umurnya, padahal kan kita tahu kalo mencari ilmu hingga akhir hayat!!! maka untuk itu saya berharap pemerintah dapat menjadikan pendidikan di indonesia sebagai suatu pandangan yang utama untuk membangun bangsa kita ini YAKNI Bangsa INDONESIA.

  37. Muhammad Zikri Alim Lubis_5115072396

    Semua warga negara wajib mendapatkan pendidikan dasar 9 tahun, salah satu sarana untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang terdidik. Tidak memandang perbedaan status sosial masyarakat. Dari artikel ini disebutkan bahwa ada salah satu kendala dalam masalah umur anak untuk bersekolah, hal itu sebenarnya bisa ditanggulangi dengan program kelompok belajar paket A atau paket B. Harus ada tim yang solid dan mampu memanajemen dengan baik dalam menangani pendidikan anak perbatasan negara ini. Komunikasi dan sistem jaringan yang terkontrol dan terpelihara juga merupakan modal penting bagi pendidikan anak perbatasan ini. Sebab, dengan begitu anak-anak yang berada di negeri orang dapat memahami esensi ilmu pengetahuan yang mereka dapat adalah untuk diri mereka sendiri guna menjadikan masa depan yang lebih baik.

  38. ini agar menjadi cikal bakal pemerataan pendidikan bagi yang tinggal di negara orang khususnya para tki yang mempunyai anak tidak perlu repot lagi dalam menyekolahkan anaknya ke kota, dan bagus lagi pemerintah mempunyai inisiatif seperti ini, terkadang kita juga mempertanyakan bagaimana nasib anak-anak yang tinggal di daerah perbatasan seperti itu, jauh dari lingkungan perkotaan, dan diharapkan sekolah ini walaupun terjangkau dari segi jarak juga harus terjangkau dari segi biaya…

  39. Sugeng Hartanto_5115072395

    Menurut pendapat saya, pembangunan sekolah disana merupakan hal yang baik. Mengingat jalur mereka untuk bersekolah masih terkendala masalah jarak yang cukup jauh dengan sekolah yang sudah ada. Hal ini harus terus dilakukan di daerah-daerah perbatasan lainnya, karena saat ini anak-anak daerah perbatasan banyak yang belum pernah mengenyam pendidikan.

  40. Johan Paramita (5115072379)

    sungguh memalukan bangsa yang besar seperti Indonesia,warga nya harus mencari rupiah dinegeri jiran,jadi TKI lagi,bukan menjadi tenaga ahli atau konsultan professional langkah pemerintah untuk membangun sekolah di kinabalu,Malaysia menunrut saya merupakan langkah bagus melihat hasil data dari artikel diatas banyak anak-anak TKI yang tinggal disana,ini dilakukan agar anak-anak TKI menjadi pintar dan mau belajar serta menumbuhkan rasa nasionalisme pada bangsa sendiri.

  41. Saiful_5115072384

    saya setuju dan sangat mendukung bila pemerintah melaksanakan program seperti ini, mendirikan sekolah bagi anak-anak TKI di Malaysia sehingga anak-anak TKI tidak terlantar sekolahnya dan tetap mendapat haknya mengenyam pendidikan. Bagaimanapun mereka adalah anak-anak Indonesia yang akan menjadi penerus bangsa kita. Hal ini sangat memerlukan kerjasama antar kedua negara agar program ini dapat terealisasi dengan baik.

  42. Siapa pun itu, selama dia masih Warga Negara Indonesia(WNI) berhak mendapatkan haknya sebagai warga Indonesia. Terlebih lagi bila mereka adalah “pahlawan devisa” yang sangat berjasa bagi negara ini. Mungkin dalam hal ini kedutaan harus lebih memperhatikan data-data para WNI tersebut. Jangan sampai mereka hanya digunakan sebagai mesin penghasil devisa negara. Perhatikan juga aspek-aspek kemanusiaan yang mereka patut dapatkan, seperti pendidikan. Karena itu pasti sangat berguna, dan sangat memotivasi para pekerja untuk lebih serius bekerja di negeri orang…

  43. Fajarudin 5115072390

    saya setuju bila adanya program pengadaan lembaga pendidikan bagi anak yang orang tuanya berprofesi sebagai TKI. Hal ini tidak boleh diabaikan,karena hak anak tersebut juga harus diperhatikan diharap dengan adanya pengadaan ini dapat membantu dan memudahkan orang tua untuk tidak repot dan peusing menyekolahkan anaknya. Hal yang perlu diperhatikan adalah adanya keseragaman dalam hal mutu pendidikan jangan sampai ada perbedaan dengan sekolah umum biasa, dalam hal kurikulum disamakan dengan sekolah lain. pengadaan fasilitas sarana dan prasarana yang menunjang bagi mereka, dan guru yang kompeten di bidangnya masing-masing. Mereka adalah aset bangsa ini, sama seperti halnya kita semua. hingga akhirnya orang tuanya tidak susah payah dan seyogyanya dapat memperhatikan anak dan tidak meremehkan masalah pendidikan anaknya.

  44. Fajar B. Zm (5115072380) Elektro '07

    saya sanagat setuju dengan Pembangunan Sekolah untuk anak TKI di Kinabalu, karena walaupun mereka berada di negri sebrang mereka juga masih WNI yang berhak mendapatkan pengajaran dari bangsa ini. Namun hendaknya penbangunan itu disertai pula dengan pembangunan mutu pendidikan yang ada di sana, dan memperbanyak jumlah sekolah untuk anak TKI tersebut. Diharapkan dengan adanya pembangunan sekolah disana mereka juga dapat mengembangkan potensinya untuk membangun bangsa ini. Terlebih lagi jika sarana dan prasarananya mendukung untuk mencapai hal tersebut. Dan yang perlu diperhatikan lagi adalah herndaknya pembangunan itu dilasksanakan secara terus menerus, dan memperhatikan jalanya proses pendidikan tersebut. saya yakin jika terjalin hubungan yang baik antara pemerintah, departemen luar negri dan masyarakat TKI yang ada di sana dalam membangun sekolah ini, nukan tidak mungkin kalau sekolahni justru lebih baik di bandingkan sekolah yang ada di dalam negri.

  45. salam.
    saya setuju, banga kita memang sudah seharusnya memberikan layanan pendidikan bagi warganya dengan layak dan baik, baik di dalam dan luar negeri. saya setuju dengan harapan agar pemerataan pendidikan terjangkau semua warga negara sesuai dengan amanat UUD 1945 dan sisdiknas kita.

  46. Achmad Maulana TE07 [5115072372]

    Besarnya jumlah anak TKI di negara tetangga merupakan tanggung jawab besar bagi pemerintah. Banyaknya jumlah penerus bangsa yang tinggal di negeri tetangga, pemerintah harus memperhatikan kesejahteraan -anak TKI tersebut, baik dibidang materi maupun pendidikannya. Apa yang akan terjadi jika calon-calon penerus bangsa kita ini tidak dapat menikmati pendidikan?.
    Bisa dibayangkan, pasti bangsa ini akan semakin terpuruk.
    Keputusan pemerintah membuat sekolah didaerah perbatasan adalah solusi yang bijaksanan dalam menghadapi masalah ini. Anak Para TKI mungkin tidak bingun lagi harus mencari sekolah untuk menyekolahkan anaknya. Tetapi sangat disayangkan karena masih minimnya daya tampung sekolah tersebut, selain itu sangat disayangkan juga jika anak TKI terkendala masalah umur tidak bisa menikmati pendidikan. Mungkin dalam menangani masalah anak TKI yang terkendala masalah umur, pemerintah dapat membuat sekolah yang khusus mengajarkan keterampilan. Sehingga anak TKI yang terkendala masalah umur dapat menikmati juga dunia pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s