GKR Hemas: Anak Harus Pintar Pilih Teman

Kompas.com Selasa, 23 Desember 2008 | 20:05 WIB

BANTUL, SELASA- Keharmonisan keluarga penting untuk mencegah perdagangan anak. Namun, jika keluarga kurang harmonis, tanggung jawab ada pada lingkungan. Anak juga diharapkan bisa bergaul dengan benar, serta mempunyai wawasan luas.

Hal itu disampaikan Gusti Kanjeng Ratu Hemas, istri Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sultan Hamengku Buwono X, dalam Dialog Anak di Lapangan Kebonagung, Imogiri, Bantul , Selasa (23/12). Acara yang antara lain digagas Indonesia Against Child Trafficking dan Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Mandiri (Samin) itu dihadiri lebih 200 anak.

Hemas prihatin bahwa kemiskinan adalah faktor utama penyebab perdagangan anak, misalnya anak-anak yang terpaksa dan dipaksa menjadi pekerja seks. Namun, kemiskinan bisa bukan sebagai alasan asalkan benteng keluarga sangat kuat, yakni keharmonisan.  

“Namun jangan langsung menuduh mengapa orang tua tega menjual anaknya. Sebab, walau mereka tak tega pun, lingkungan bisa saja yang memaksa,” ujarnya.

Artinya, apabila benteng keluarga dan lingkungan tembus, langkah ada di tangan anak. Oleh karena itu, akan lebih baik jika anak bisa memilih teman bergaul dan lingkungan yang positif dan berwawasan luas.

“Jika orang tua dan keluarga tidak harmonis, sebisa mungkin anak jangan terpengaruh. Karenanya upaya perlindungan anak harus terus disuarakan. Anak mesti tahu lembaga-lembaga atau siapa di daerahnya yang bisa membantu,” katanya.

Hemas juga menyoal pernikahan di bawah umur yang menurut dia harus ditentang. Dalam hal ini, ia menyorot kasus Syekh Puji. “Jangan sampai itu terjadi,” ucap dia.

Bagi anak, isu perdagangan anak membuat cemas. Sekolah sudah memberi arahan bagaimana kita waspada. Orang tua juga begitu. “Saya juga sudah mencari teman bergaul dan lingkungan yang positif. Tapi kecemasan ya tetap ada,” kata Anisa Safira (13), siswi SMPN 16 Yogyakarta.
PRA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s