Forum Pelayanan Penjara dan KAJ Bantu Perpustakaan Lapas

Selasa, 14 Juli 2009 | 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyediaan perpustakaan merupakan bagian dari upaya pemberdayaan warga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), terutama untuk membekali para warga Lapas dengan berbagai pengetahuan sebelum akhirnya kembali ke masyarakat.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Destri Syam dalam acara peresemian Perpustakaan Rohani, Selasa (14/7).

Perpustakaan tersebut merupakan sumbangan dari masyarakat yang tergabung dalam Forum Pelayanan Penjara dan Keuskupan Agung Jakarta. Selain buku rohani, tersedia pula buku umum di perpustakaan berkoleksi 1.200 buku tersebut.

Menurut Destri, pendirian sejumlah perpustakaan di lingkungan LP sangat didukung karena memberikan kesempatan kepada penghuni Lapas untuk mengembangkan wawasannya. Sebelumnya, terdapat sumbangan perpustakaan umum dengan koleksi buku umum dan ada juga perpustakaan di masjid lapas.

“Mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk belajar. Berbagai pengetahuan praktis dari buku memulai usaha, beternak, budi daya, misalnya, dapat bermanfaat ketika mereka kembali masyarakat dan siap berkarya,” ujarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s